Jalan Tol Cisumdawu Arah Cipali akan Beroperasi Pukul 06.00-15.00 Selama Mudik Lebaran

Red: Nora Azizah

Rabu 12 Apr 2023 16:50 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) menuju arah Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) akan beroperasi jam 06.00 WIB hingga 15.00 WIB saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. "Saya mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik untuk memanfaatkan jalan tol tersebut. Karena ada pembatasan, tolong manfaatkan jendela waktu dari jam 6 pagi sampai 3 sore, kalau mau ke Cisumdawu maksimal jam 3 sore. Artinya kalau sudah lewat jam 3 sore, harus lewat rute Cipularang ke Cipalinya," kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil (Emil), dalam keterangan tertulisnya di Bandung, Rabu.

Emil mengatakan bahwa setelah 18 April 2023 Tol Cipali dibuat satu arah dari Jakarta menuju Cirebon dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk arus balik diberlakukan skema yang sama yakni satu arah dari Cirebon dan Jawa Tengah ke Jakarta.

Baca Juga

"Setelah tanggal 18 yang ke Jakarta akan ditutup karena Tol Cipali disatuarahkan dari arah Jakarta, sehingga satu arah ke Cirebon dan Jawa Tengah," kata dia.

Beberapa hari lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau kesiapan Tol Cisumdawu yang akan menunjang pergerakan kendaraan masyarakat pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Kabupaten Sumedang. Dia menuturkan, pengguna jalan Tol Cisumdawu dapat menuju Tol Cipali untuk bergabung dalam arus besar jalur utara menuju Cirebon dan Jawa Tengah pada 15 April 2023.

"Mulai 15 April, Cisumdawu sudah bisa tembus ke arah Kertajati bertemu di Cipali. Namun karena belum 100 persen, maka tembusnya bersifat satu arah, karena kepadatan akan mengalir ke arah mudik, Jawa Tengah, Cirebon," kata dia.