Hore, Tarif Tol Diskon 20 Persen Selama Lebaran

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha

Rabu 12 Apr 2023 16:01 WIB

Sejumlah kendaraan antre untuk memasuki Gerbang Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/3/2023). Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono telah menyetujui pemberian diskon sebesar 20 persen untuk tarif tol di Pulau Jawa selama arus mudik dan balik lebaran 2023. Foto:

1

Ia kemudian mencontohkan jalan tol fungsional yang akan difungsikan untuk arus mudik, seperti di Jalan Tol Indralaya-Prabumulih. Ia juga mengatakan telah menyiapkan jalan nasional untuk mendukung lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran.

Basuki memastikan, pengoperasian jalan tol fungsional ini dilakukan tanpa memungut biaya dari masyarakat.

“Kalau fungsional semua gratis. Cisumdawu yang operasi cuma Sumedang sampai Cimalaka, setelah itu gratis semua, kalau difungsionalkan enggak ada tarifnya,” jelas Basuki.

Sebelumnya, PT Hutama Karya dan PT Jasa Marga telah memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen selama periode lebaran tahun ini. Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febrianto mengatakan, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen pada 16-18 April untuk arus mudik dan 27-29 April untuk arus balik. Pemberian diskon tarif tol itu untuk jarak terjauh.

“Diskon diberlakukan di ruas Jakarta-Cikampek di dua gerbang tol, yakni gerbang Kaliurip Utama dan CIkampek Utama. Ini hanya untuk melayani transaksi di ruas Jakarta-Cikampek,” ujarnya.

Sedangkan EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Ariyono menyampaikan juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen kepada pemudik. Diskon tersebut diberikan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi dan Terbanggi-Kayu Agung.

“Kami berlakukan di tiga gerbang, Bakauheni Selatan, Kayu Agung, dan Kayu Agung Utama untuk arus mudik pada 16-18 April dan arus balik pada 26-28 April,” kata dia.

 

 

Terpopuler