Rabu 12 Apr 2023 14:59 WIB

Pengemis Buta di Malaysia Tertangkap Kamera Pulang Naik Mobil

Warganet Malaysia digegerkan pengemis, usai minta-minta, baliknya naik mobil mewah.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas JKM menjaring pengemis perempuan di Kuala Lumpur, Malaysia yang ternyata berstatus warga negara Indonesia (WNI).
Foto: Dok Kosmo
Petugas JKM menjaring pengemis perempuan di Kuala Lumpur, Malaysia yang ternyata berstatus warga negara Indonesia (WNI).

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Sebuah video viral di media sosial menunjukkan sepasang pengemis (laki-laki dan perempuan) naik mobil mewah seusai minta-minta. Satu pengemis perempuan diduga buta dan melakukan aksinya mengemis di sejumlah tempat makan di Malaysia.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh warganet Malaysia di akun Twitter @AdwinWidanta pada Ahad (9/4/2023). Video tersebut langsung menjadi perbincangan warganet Malaysia hingga di Indonesia. "Bersangka baik, mungkin mereka naik Grab," kata Darshan disertai video tersebut, seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Rabu (12/4/2023).

Video di akun Addam Darshan awalnya merekam aksi kedua pengemis pergi ke tempat makan meminta sumbangan kepada orang-orang yang sedang menikmati makanan. Setelah selesai mengemis, perekam video kemudian mengikuti sang pengemis.

Mereka kemudian terlihat berjalan menuju persimpangan jalan pada awalnya. Kemudian kedua pengemis terlihat masuk ke mobil putih yang tampak telah menunggu mereka di pinggir jalan.

Sang laki-laki duduk di kursi depan, sedangkan perempuan berjilbab yang menggunakan tongkat duduk di belakang kursi. Video tersebut juga menimbulkan banyak komentar dari banyak warganet negeri Jiran. Beberapa warganet menduga pengemis itu terjaring dalam sebuah sindikat.

"Saya tidak pernah dekat dengan pengemis seperti pasangan ini, yang satu buta dan yang lain memimpin. Karena jenis sindikat. Curang," kata salah satu komentar akun Twitter @nikuvekuniaki

"Mungkin sindikat. Banyak orang berlaku sebenarnya," kata akun @twt_bajet mengomentari video tersebut.

"Yang penting ikhlas bersedakah, kalau dia menipu biarlah antara dia dengan Allah," kata komentar akun @SymrShmi.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement