Dua BUMN Kompak Kasih Diskon Tarif Tol 20 Persen

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi

Selasa 11 Apr 2023 21:05 WIB

Kendaraan melintasi gerbang jalan Tol Trans Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (6/5/2022). Kementerian PUPR menyambut positif keputusan badan usaha jalan tol (BUJT) seperti PT Hutama Karya dan PT Jasa Marga yang memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen. Foto: ANTARA/Ardiansyah Kendaraan melintasi gerbang jalan Tol Trans Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Jumat (6/5/2022). Kementerian PUPR menyambut positif keputusan badan usaha jalan tol (BUJT) seperti PT Hutama Karya dan PT Jasa Marga yang memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, Endra S Atmawidjaja menyambut positif keputusan badan usaha jalan tol (BUJT) seperti PT Hutama Karya dan PT Jasa Marga yang memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen. Endra menilai diskon tersebut merupakan langkah telat dalam mengurai kepadatan pergerakan kendaraan pada arus mudik dan balik Lebaran 2023. 

"Pemberian diskon murni BUJT, kami menyambut baik adanya diskon tanpa mengurangi kualitas layanan," ujar Endra dalam jumpa pers dan media gathering bertajuk "Kesiapan Infrastruktur dalam Mendukung Mudik Lebaran" di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Endra meyakini diskon tarif tol dapat menjadi solusi dalam mengantisipasi meningkatnya jumlah pemudik. Endra berharap masyarakat dapat memanfaatkan diskon tarif tol untuk bisa melakukan perjalanan mudik lebih awal dan kembali saat arus balik belakangan.

"Ini penting untuk memecah trafik supaya tidak terjadi penumpukan," ucap Endra.

Jasa Marga Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febrianto mengatakan Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen pada 16-18 April untuk arus mudik dan 27-29 April untuk arus balik. Reza menyampaikan pemberian diskon tarif tol untuk jarak terjauh.

"Diskon diberlakukan di ruas Jalarta-Cikampek di dua gerbang tol yakni gerbang Kaliurip Utama dan Cikampe Utama, ini hanya untuk melayani transaksi di ruas Jakarta-Cikampek," ujar Reza.

EVP Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Ariyono mengatakan perusahaan juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen kepada para pemudik. Dwi menyampaikan diskon diberikan untuk ruas Bakauheni-Terbanggi dan Terbanggi-Kayu Agung.

"Kami berlalukan di tiga gerbang, Bakauheni Selatan, Kayuagung dan Kayuagung Utama, untuk arus mudik pada 16-18 April dan arus balik pada 26-28 April," kata Dwi.