Selasa 11 Apr 2023 19:12 WIB

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa

Terlalu sering makan gorengan dapat meningkatkan kelelahan selama puasa Ramadhan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Gorengan (ilustrasi). Gorengan menjadi salah satu makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk berbuka puasa.
Foto: www.freepil.com
Gorengan (ilustrasi). Gorengan menjadi salah satu makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan adalah salah satu bentuk ibadah yang dijalankan umat Islam, dengan tidak makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam, selama satu bulan penuh. Perubahan jadwal makan ini menghasilkan perubahan komposisi makanan yang signifikan.

Berikut adalah daftar lima makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan saat berbuka puasa untuk Ramadhan yang sehat:

Baca Juga

1. Gorengan

Dilansir laman mmnews.tv pada Selasa (11/4/2023), makanan yang digoreng dan berlemak seperti gorengan, kentang goreng, dan samosa mengandung persentase tinggi dari asupan lemak dan natrium yang direkomendasikan setiap hari. Apabila sering memakannya, maka dapat meningkatkan dampak kelelahan selama puasa Ramadhan.

2. Minuman bersoda

Hindari minum minuman olahan dan minuman bersoda yang biasanya tinggi gula, meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas, serta dapat menyebabkan kembung dan gas, yang menyebabkan gangguan pencernaan. Minumlah air putih atau jus buah alami untuk melepas dahaga.

3. Terlalu banyak garam

Makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi, seperti acar. Natrium dapat menyebabkan dehidrasi dan memengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap cairan.

4. Terlalu banyak gula

Makanan yang mengandung gula dalam jumlah besar, seringkali tinggi kalori tetapi miskin nilai gizi. Sementara makanan ini memberi tubuh energi instan, energinya umumnya bertahan sebentar saja.

5. Cairan berkafein

Makanan yang mengandung cokelat atau sumber kafein lainnya bersifat diuretik dan dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan, garam, dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan sepanjang hari.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement