Selasa 11 Apr 2023 19:10 WIB

Ridwan Kamil Minta Perusahaan di Jabar Gelar Mudik Gratis untuk Karyawannya

Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu menyiapkan alternatif angkutan lebaran.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Ridwan Kamil minta perusahaan di Jabar gelar mudik gratis untuk karyawannya.
Foto: Rizal FS/Biro Adpim Jabar
Ridwan Kamil minta perusahaan di Jabar gelar mudik gratis untuk karyawannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong semua perusahaan yang ada di Jawa Barat untuk memfasilitasi mudik gratis Idul Fitri 1444 Hijriyah untuk buruh dan karyawan.

Permintaan tersebut tertuang dalam surat edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 24/KB 03.03.01/Kesra tentang Penyediaan Fasilitasi Transportasi Gratis Untuk Mudik Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 Hijriyah Bagi Pekerja/Buruh di Daerah Provinsi Jawa Barat.

Pada poin surat edaran tersebut disebutkan, penyediaan fasilitasi ini dilandasi adanya Pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat diperbolehkan melakukan aktifitas kegiatan diantaranya Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Ridwan Kamil, salah satu aktifitas masyarakat yang akan mendapatkan animo dan perhatian tinggi adalah mudik ke kampung halaman masing-masing. 

“Terlebih Tahun 2023 adalah tahun pertama aktifitas atau kegiatan masyarakat tanpa PPKM,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, dikutip Selasa (11/4/2023).

Emil menjelaskan, untuk mengurangi aktifitas dan penumpukan masyarakat di terminal, stasiun hingga bandara dimana didalamnya akan ada banyak pekerja yang pulang kampung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu menyiapkan alternatif angkutan lebaran.

Hal ini, kata dia, dalam rangka menjamin pekerja maupun buruh agar dapat melakukan mudik ke kampung halaman dan juga dalam rangka meningkat kesejahteraan pekerja, maka pihak perusahaan dapat memberikan insentif beban biaya yang ditanggung oleh para pekerja.

“Berupa penyediaan fasilitasi transportasi gratis untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah,” katanya.

Emil pun mengimbau agar para pemimpin perusahaan di Jawa Barat untuk menyediakan fasilitas mudik gratis tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement