Berbuka dengan Makanan-Minuman Manis Bukan Cuma Tingkatkan Kadar Gula Darah, Ini Risikonya

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 11 Apr 2023 17:49 WIB

Es teh manis. Mengasup minuman dan makanan manis saat berbuka puasa dapat menaikkan kadar gula darah. Foto: Republika/Reiny Dwinanda Es teh manis. Mengasup minuman dan makanan manis saat berbuka puasa dapat menaikkan kadar gula darah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbuka dengan yang manis menjadi jargon yang kerap terdengar bertahun-tahun. Menu dengan cita rasa serbamanis seakan sudah menjadi identik untuk hidangan berbuka.

Tetapi, menurut ahli gizi Mifta Novikasari, sebenarnya istilah berbuka dengan yang manis sudah dikoreksi oleh Kementerian Kesehatan RI. Hal ini sebaiknya dihindari karena bisa menaikkan gula darah.

Baca Juga

"Bayangannya buka itu dengan es manis, kolak pisang, ketika langsung dengan asupan manis, itu menaikkan gula darah yang sebenarnya perlu kita hindari," kata Mifta dalam acara bersama Frisian Flag di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Mifta menyarankan agar memilih makanan iftar yang sebaiknya tidak meningkatkan kadar gula darah secara langsung. Misalnya, dengan memilih buah-buahan terlebih dulu.

Untuk buah kurma yang identik dengan bulan puasa, juga disarankan memilih yang tidak mengandung gula tambahan. Sebagian buah kurma sudah dicampur dengan gula sehingga tidak lagi asli atau murni.

"Usahakan pilih kurma yang masih asli," kata dia.