20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 11 Apr 2023 17:15 WIB

 Umat Islam menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (10/4/2023). 20 Kesalahan Umum yang Dilakukan Muslim Saat Ramadhan Foto:

1

10. Setelah Berhubungan Intim

Banyak laki-laki yang meyakini jika dia telah bersetubuh dengan istrinya dan tidak mandi (seperti di atas), maka dia tidak dapat berpuasa keesokan paginya. Ini juga tidak benar, karena dia bisa berpuasa meski belum mandi.

11. Waktu Sholat

Beberapa orang melakukan sholat zhuhur dan ashar bersama-sama selama Ramadhan. Ini tidak benar dan harus dihindari.

12. Kapan Mulai Makan

Sebagian orang meyakini tidak boleh makan sampai muadzin selesai mengumandangkan adzan maghrib. Ini tidak benar. Begitu suara adzan terdengar, seseorang sudah dapat membatalkan puasanya.

13. Berdoa

Banyak orang tidak memanfaatkan waktu doa sebelum berbuka puasa. Padahal, ini adalah salah satu dari tiga waktu ketika Allah menerima doa seseorang.

14. Hari-hari Terakhir Ramadhan

Banyak orang membuat kesalahan dengan menghabiskan bagian akhir Ramadhan untuk mempersiapkan Idul Fitri dan mengabaikan Ramadhan. Ini tidak benar, bahkan orang-orang ini kehilangan konsep tentang Ramadhan.

15. Sopan santun

Beberapa orang berpikir Ramadhan hanya tentang menahan diri dari makan dan tidak ada hubungannya dengan perilaku seseorang. Padahal, seharusnya di momen ini bisa lebih mengontrol emosi dan perkataan selama Ramadhan.

16. Membuang-buang Waktu

Banyak orang yang sering menyia-nyiakan waktunya. Mereka cenderung tidur sepanjang hari dan tidak melakukan apa-apa. Padahal, Ramadhan memberi kesempatan untuk memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini dengan melakukan lebih banyak ibadah.

17. Puasa Saat Bepergian

Beberapa orang yang bepergian selama bulan ini berpikir mereka harus membatalkan puasanya saat bepergian. Ini sebenarnya opsional. Jika seseorang ingin berbuka puasa saat bepergian boleh (dengan mengqadhanya nanti). Namun jika ia merasa sanggup, maka sebaiknya melanjutkan puasanya.

18. Menelan Ludah

Ada yang mengatakan selama puasa Ramadhan tidak bisa menelan. Hal ini juga salah. Yang tidak boleh adalah menelan lendir dari luar yang masuk ke mulut.

19. Menggunakan wewangian

Ada yang mengatakan seseorang tidak bisa menggunakan minyak wangi atau parfum selama Ramadhan. Ini juga salah.

20. Saat Wudhu

Memasukkan air ke dalam hidung dan mulut saat berwudhu akan membatalkan puasa adalah persepsi salah lainnya.

Terpopuler