Menhub Imbau Pemudik Beli Tiket Jauh Hari Guna Kenyamanan

Red: Friska Yolandha

Selasa 11 Apr 2023 15:25 WIB

Sejumlah kapal menunggu untuk bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan 36 pelabuhan seluruh Indonesia dan 222 unit kapal untuk angkutan Lebaran 2023. Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah kapal menunggu untuk bersandar di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (17/3/2023). PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah menyiapkan 36 pelabuhan seluruh Indonesia dan 222 unit kapal untuk angkutan Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi KaryaSumadi mengimbau pemudik Lebaran 1444 Hijriah/2023 Masehi membeli tiket jauh hari guna kenyamanan dan kelancaran perjalanan penyeberangan. Para pemudik bisa membeli tiket yang disediakan di sejumlah tempat tertentu untuk penyeberangan melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Kita berharap pemudik membeli tiket jauh hari atau sehari sebelum keberangkatan," kata Budi Karya saat meninjau kesiapan mudik Lebaran 2023, di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Saat ini, ASDP memiliki aplikasi tiketing ferizy yang dijual secara online. Pengguna jasa dapat membeli tiket secara online, karena saat ini pembelian tiket go show sudah tidak ada lagi.

Pelabuhan kini sudah tidak melayani penjualan tiket penyeberangan sejak 1 Mei 2020 lalu. Budi Karya meminta masyarakat yang akan menggunakan jasa ASDP, agar jauh hari membeli tiket secara online.

Pembelian tiket jauh hari tentu dapat mengurangi kepadatan antrean dan mengantisipasi penumpukan kendaraan. "Saya kira pembelian jauh hari dipastikan dapat mengantisipasi kemacetan dan kepadatan di jalur menuju kawasan pelabuhan," katanya menjelaskan.

Sejumlah pemudik menuju berbagai daerah di Pulau Sumatera mengatakan bahwa mereka mempunyai tiketing secara online, sehingga saat masuk Pelabuhan Merak bisa langsung naik ke atas kapal yang ada di dermaga untuk menyeberang dengan lancar dan aman.

"Kami merasa senang memiliki tiketing secara online dan keberangkatanya tepat waktu sesuai jadwal yang dipesan," kata Rudi, seorang pemudik warga Depok, Jawa Barat sambil menyatakan hendak mudik ke Palembang.

Berdasarkan pantauan di terminal eksekutif dermaga Pelabuhan Merak arus angkutan mudik Lebaran 2023 sejak pagi hingga siang ini berjalan lancar, aman dan tertib tanpa terjadi kepadatan. Pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni kebanyakan penumpang di atas kendaraan dengan membeli tiket secara online melalui aplikasi ferizy.