10 Hari Terakhir, Safari Ramadhan di Sukabumi Terus Digencarkan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 11 Apr 2023 13:37 WIB

Pawai tarhib Ramadhan di Kota Sukabumi digelar di jalanan Kota Sukabumi, Selasa (21/3/2023). Momen ini dalam rangka kegembiraan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. 10 Hari Terakhir, Safari Ramadhan di Sukabumi Terus Digencarkan Foto: Republika/Riga Nurul Iman Pawai tarhib Ramadhan di Kota Sukabumi digelar di jalanan Kota Sukabumi, Selasa (21/3/2023). Momen ini dalam rangka kegembiraan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1444 H. 10 Hari Terakhir, Safari Ramadhan di Sukabumi Terus Digencarkan

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Safari Ramadhan ke majelis taklim terus digencarkan di Kota Sukabumi. Momen ini dalam rangka menjalin silaturahim dan kebersamaan dengan warga.

Kali ini, safari Ramadhan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambangi Majelis Taklim Al-Ikhlas Cijangkar RW 02 Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Selasa (11/4/2023). "Banyak informasi positif akhir-akhir ini, Kota Sukabumi ulang tahun ke-109 dan banyak meraih prestasi," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Baca Juga

Namun, di sisi lain, bertepatan 1 April 2023 ulang tahun penemuan Covid-19 ke tiga. Ini berdampak pada ekonomi dan sektor lainnya dan kini mulai pemulihan. Salah satunya penataan wajah kota seperti pedestrian dan penataan infrastruktur berbasis wilayah.

Hasilnya, kawasan kumuh berkurang dari 136 hektare hanya tersisa lima hektare dan kedepan tidak ada lagi. Selain fisik, ada pembangunan non-fisik dalam bidang keagamaan.

Misalnya, pelaksanaan tabligh akbar dengan mendatangkan penceramah Mamah Dedeh dan Ustadz Abdul Somad (UAS). Hal ini sebagai bentuk pemulihan dampak berbasis keagamaan dan syiar agama.

Di sisi lain, ada beasiswa untuk penghafal Alquran dan akhir tahun wisuda angkatan pertama. Berikutnya program satu kelurahan satu sarjana dan bantuan untuk para ulama, tenaga kependidikan dan marbut masjid.

Terakhir, Kang Fahmi berpesan dari orang tua yang soleh akan melahirkan keturunan yang soleh. Mari kuatkan pendekatan keagamaan dengan kolaborasi antara orangtua dan guru di sekolah. Sehingga akan lahir anak yang menyejukkan karena ibadah dan akhlak sesuai tuntunan agama.

Selain Safari Ramadhan, juga digelar sholat Tarawih Keliling Forkopimda Kota Sukabumi misalnya digelar di Masjid At Tawakal RW 05 Kebon Manggu Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Rabu (5/4/2023).

Momen ini dihadiri Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Kapolsek Warudoyong, dan elemen warga lainnya. "Alhamdulillah kota dalam keadaan kondusif karena dukungan warga dan saya sampaikan terima kasih," kata Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi dalam sambutannya.