Manfaat Medis Puasa Ramadhan: Bantu Sehatkan Usus di Sistem Pencernaan Kita    

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 11 Apr 2023 08:34 WIB

Ilustrasi orang berpuasa. Puasa Ramadhan mempunyai banyak manfaat kesehatan untuk tubuh Foto:

1

“Sekitar 20 hingga 30 persen populasi akan memperburuk masalah ini. Tidak semua orang mencari perhatian medis juga: mereka menyadari itu karena perubahan kebiasaan makan mereka, atau dari makan makanan berlemak dan manis dan kemudian berbaring setelahnya, yang memicu mulas dan refluks," kata Dr Gyawali. 

Makanan  

Untungnya, ada makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus juga.  

Makanan nabati: Ini membantu bakteri baik berkembang di usus. Kurma juga memiliki fructans, sejenis serat prebiotik. Bakteri bekerja pada ini, dan ini membantu meningkatkan populasi bakteri baik. 

Makanan fermentasi: Ini adalah hal-hal seperti yogurt, susu kefir, kimchi, kombucha, dan asinan kubis. Ini adalah bagian dari diet sehat. Mereka mengandung banyak probiotik baik yang membantu bakteri baik berkembang.

Makanan kaya serat: Ini tidak hanya membantu usus juga meningkatkan kesehatan usus, tetapi juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. 

Oleh karena itu mereka adalah pilihan yang sangat baik untuk sahur. Misalnya sereal gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, dan kacang-kacangan.

Yang harus dihindari 

Makanan tertentu dapat berdampak negatif pada kesehatan pencernaan, dan oleh karena itu paling baik bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas atau bahkan dihindari.

  • Produk kafein: Ini memperburuk masalah pencernaan, terutama dengan membuatnya lebih mudah bagi asam lambung untuk refluks
  • Makanan olahan tinggi dengan banyak bahan kimia dan pengawet
  • Daging merah
  • Alkohol 

 

Sumber: gulfnews   

Terpopuler