Legislator Minta Dishub DKI Pastikan Angkutan Mudik Laik Jalan

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 11 Apr 2023 06:48 WIB

Sejumlah bus terparkir di Terminal Terpadu Pulo Gebang yang terletak di Jakarta Timur. Ketua Komisi B DPRD DKI minta Dishub memastikan angkutan mudik laik jalan. Foto: Republika/Raisan Al Farisi Sejumlah bus terparkir di Terminal Terpadu Pulo Gebang yang terletak di Jakarta Timur. Ketua Komisi B DPRD DKI minta Dishub memastikan angkutan mudik laik jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk memastikan semua armada bus yang mengangkut warga Jakarta pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 laik jalan. Dishub diminta agar berkoordinasi dengan para penyedia angkutan bus untuk mematangkan kesiapannya.

“Kami sudah mengingatkan Dishub selaku leading sector untuk berkoordinasi dengan instansi terkait agar pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2023 berjalan aman, lancar, dan nyaman,” ujar Ismail dalam keterangannya, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga

Koordinasi tersebut, kata Ismail, meliputi berbagai aspek kesiapan. Mulai dari kondisi kendaraan dengan cara melakukan pengujian kir pada kendaraan motor, kesiapan sumber daya manusia yakni para pengemudi, hingga kesiapan lokasi pemberangkatan atau kepulangan.

“Selain kesiapan armada bus laik jalan, pastikan pula awak bus AKAP (antar kota antar provinsi) yang bertugas dan terminal bus telah siap pada arus mudik dan balik Lebaran 2023,” tutur dia.

Ismail mengingatkan para operator bus AKAP di Jakarta untuk dapat memastikan kelaikan armada bus jauh-jauh hari sebelum hari-hari mudik atau balik. Kapasitas angkut penumpang juga harus dipastikan sesuai dengan kursi yang tersedia.

Dia meminta para operator bus AKAP di Jakarta untuk mematuhi setiap aturan yang ditetapkan dalam momen arus mudik dan arus balik kali ini.

“Termasuk titik penjemputan penumpang yang akan diangkut menuju kampung halaman. Operator bus tidak angkut penumpang di terminal bayangan yang menimbulkan kesemrawutan di jalanan,” tutupnya.