Tol Cisumdawu Siap Digunakan Pemudik Selama Musim Mudik Lebaran 2023

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nora Azizah

Senin 10 Apr 2023 19:43 WIB

Sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Sejumlah kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan di Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Emil) meninjau kesiapan ruas jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) agar bisa digunakan pemudik pada lebaran 2023, Senin (10/4/2023). Ridwan Kamil secara khusus melihat kesiapan seksi IV Cisumdawu yakni Cimalaka–Legok sepanjang 8,20 Km. 

Sebelum menjajal ruas baru yang akan dipakai pemudik secara fungsional, Ridwan Kamil mendapatkan pemaparan dari Direktur PT Citra Jabar Karya Tol Bagus Medi. Pada kunjungan tersebut, Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir dan Kepala Dinas Perhubungan Jabar Koswara dan Dirlantas Polda Jabar turut memantau.

Baca Juga

Menurut Ridwan Kamil, Tol Cisumdawu dari Cileunyi hingga Kertajati akan beroperasi pada mudik lebaran nanti. Meski hanya satu jalur ke arah timur yang bisa difungsikan, tapi tol tersebut sudah siap.

"Jadi yang penting berita baik ya, warga Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalenga dan Kununingan) bisa mudik tidak lewat Tol Cipali, " ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Senin.

Saat ini, menurut Emil, masih ada perbaikan di seksi IV yang memungkinkan pemudik hanya bisa memakai satu jalur. Namun pihak konsorsium PT CKJT sudah berkomitmen bahwa jalan tol akan beroperasional penuh pada Mei 2023.

"Sekarang masih ada perbaikan, kalau fullnya Mei. Jadi dua arah, betul-betul dipastikan bulan Mei," katanya.

Emil dan rombongan kemudian memantau proses pekerjaan konstruksi penahan longsor di seksi IV. Di lokasi pemantauan, Emil bertanya terkait fasilitas yang akan dibangun di ruas tersebut.

Rencananya, pihak CKJT akan membangun rest area yang memiliki SPBU, minimarket dan fasilitas usaha bagi UMKM. Sebelumnya, dalam kunjungan ke Cisumdawu, Ahad (9/4/2023)

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy mengatakan ruas IV-VI Cisumdawu daei Cimalaka sampai ke Dawuan  akan dioperasikan terbatas hanya dari siang sampai pukul 15.00 WIB, sore hari saat momen mudik.

Terpopuler