Payung di Masjid Nabawi Jadi Pemandangan Spektakuler Bagi Jamaah

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 10 Apr 2023 19:03 WIB

Payung raksasa di Masjid Nabawi. Payung di Masjid Nabawi Jadi Pemandangan Spektakuler Bagi Jamaah Foto: Republika/Amin Madani Payung raksasa di Masjid Nabawi. Payung di Masjid Nabawi Jadi Pemandangan Spektakuler Bagi Jamaah

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Ratusan kanopi atau payung menutupi area yang luas dari halaman Masjid Nabawi. Mereka membentuk desain geometris yang spektakuler di mana estetika dan kreativitas berbaur menjadi satu.

Keindahan dan kemegahan kanopi ini tidak hanya mampu melindungi jamaah Muslim dari sengatan panas dan terpaan hawa dingin, tetapi juga menjadi satu pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga

Dilansir dari Riyadh Daily, Senin (10/4/2023), selama Ramadhan, banyak pengunjung yang terlihat di Masjid Nabawi, duduk-duduk di pelataran masjid, menikmati keteduhan di bawah kanopi, terutama menjelang waktu shalat, menghabiskan waktu bersama anak dan kerabat, serta mengabadikan momen spesial tersebut.

Payung besar di masjid Nabawi itu berjumlah 250 payung yang tersebar di seluruh area Masjid ke segala arah. Ini adalah salah satu upaya besar Kerajaan yang menunjukkan kepedulian terhadap tamu dan pengunjung masjid.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk menjamin kenyamanan dan ketenangan jamaah, sehingga terlindung dari panasnya matahari dan tidak berisiko terpeleset dan jatuh saat hujan.

Kanopi dilengkapi dengan 436 kipas semprot, yang membantu menurunkan suhu, dan dengan lebih dari 1.000 unit penerangan. Satu kanopi saja dapat memberikan perlindungan bagi lebih dari 900 jamaah, dan seluruhnya dapat menampung lebih dari 228 ribu jamaah.

Dikutip dari Saudi Gazette, payung besar di Masjid Nabawi itu memiliki ketinggian 14,40 meter dan yang lainnya 15,30 meter. Sedang ketinggian payung saat dilipat akan mencapai 21,70 meter.