Bupati Bangka Tengah Santuni 150 Anak Yatim

Red: Erdy Nasrul

Senin 10 Apr 2023 15:27 WIB

Ilustrasi menyantuni anak yatim. Foto: istimewa/doc humas Ilustrasi menyantuni anak yatim.

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyantuni sebanyak 150 anak yatim, dalam kegiatan Safari Ramadhan 1444 Hijriah di Koba.

"Saya sengaja mengundang anak yatim dalam kegiatan ini, untuk sama-sama menikmati keberkahan Ramadhan," kata Algafry di Koba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ahad (10/4/2023).

Baca Juga

Bupati dalam kesempatan itu memberikan santunan berupa uang kepada 150 anak yatim dan juga bantuan sembilan bahan pokok (sembako) untuk kalangan lanjut usia.

"Hari ini kita bisa bertemu dan berbagi sedikit rezeki dengan anak yatim dan tentu ini sebuah kebanggaan bagi saya karena bisa melihat mereka tersenyum," ujar bupati.

Bupati mengajak semua kalangan untuk memuliakan anak yatim karena mereka adalah juga bagian dari tanggung jawab dan kewajiban umat Islam.

"Anak yatim tidak lagi memiliki ayah, tentu kita yang menjadi orang tuanya yang akan memenuhi semua kebutuhan anak yatim," ujarnya.

Bupati meminta semua anak yatim di daerah itu didata dengan baik dan diberikan santunan setiap bulan untuk melangsungkan kehidupan mereka sebagaimana layaknya anak-anak yang lain.

"Menyantuni anak yatim tidak mesti dalam momentum Ramadhan saja, tetapi setiap waktu karena kehidupan mereka adalah tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Dalam kesempatan itu bupati juga mengatakan bahwa pemerintah daerah saat ini menyiapkan puluhan ribu ton beras untuk membantu kalangan tidak mampu.

"Ada 6.000 lebih kalangan tidak mampu atau keluarga penerima manfaat (KPM) yang menjadi sasaran bantuan beras, untuk memperkuat ketahanan pangan mereka dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.