Ribuan Warga Khatamkan Alquran di Alun-alun Kota Bogor

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Nashih Nashrullah

Senin 10 Apr 2023 13:25 WIB

Ilustrasi  Anak membaca Alquran. Bogor Ngaos Alquran digelar untuk meramaikan Ramadhan Foto: Antara/Arif Firmansyah Ilustrasi Anak membaca Alquran. Bogor Ngaos Alquran digelar untuk meramaikan Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR— Ribuan warga memadati alun-alun Kota Bogor untuk menghadiri pengajian akbar Bogor Ngaos atau Bogor Mengaji.

Dalam kegiatan ini para warga yang tergabung dalam majelis taklim, mengkhatamkan bacaan Alquran serentak, sekaligus mendengarkan tausyiah dari para ulama.

Baca Juga

Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 Ramadhan 1444 Hijriyah atau Ahad (9/4/2023). Hal ini pun disyukuri  Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Didin Hafidhuddin, yang hadir dalam acara tersebut.

“Alhamdulillah 18 Ramadhan kita kaum Muslimin di Bogor mendapatkan sebuah kenikmatan yang luar biasa duduk bersimpuh untuk melantunkan kalamullah, ayat-ayat Allah SWT yang sangat luar biasa indah kita tadi menamatkan satu kali tamatan Alquran serta disertai doannya yang luar biasa,” kata Didin, Ahad (9/4/2023).

Dia berharap, semoga Allah SWT melimpahkan rahmatnya dengan Alquran. Serta berharap generasi para pecinta Alquran semakin kuat ke depannya.

“Itu yang akan diharapkan, para pecinta Alquran akan melahirkan kebaikan dan keberkahan, mereka adalah generasi pembangun peradaban Islam,” tuturnya.

Ketua MUI Kota Bogor, TB Muhyiddin, turut menyambut baik dan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya, MUI Kota Bogor mendukung acara agar syiar Islam bisa semakin luas.

Dia berharap, kegiatan semacam ini bisa dilakukan secara rutin dan semakin besar ke depannya. “Apalagi dilakukan pada Ramadhan yang tentunya banyak keutamaan yang bisa didapat,” tuturnya.

Koordinator Majlis Ukhuwah Bogor Raya, Willyuddin Abdul Rasyid Dhani, menyampaikan kegiatan ini merupakan upaya untuk memakmurkan Ramadhan, dengan kegiatan mengaji Alquran secara bersama-sama. Sebab pada Ramadhan Allah SWT menurunkan Alquran.

“Alhamdulilah telah terlaksana dengan baik kegiatan Bogor Ngaos Alquran, yang kedua dengan mengajak dan melibatkan berbagai komponen umat Islam, pada bulan yang mulia,” ujarnya.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Willyuddin menyampaikan, Bogor Ngaos Quran dan Bogor Dayeuh Ulama sengaja diadakan di Alun-alun Kota Bogor sebagai salah satu pusat keramaian di Kota Bogor, dengan maksud agar bisa diikuti banyak pihak dan menjadi Syiar Islam yang meluas. Dilakukan secara bersama‐sama oleh dan melibatkan berbagai pihak, dengan maksud sebagai upaya untuk mengeratkan ikatan ukhuwah Islamiyah.

Selain itu, dilaksanakan juga Tabligh Akbar dari Ulama sepuh dan muda, untuk memberikan pencerahan dan motivasi, agar terus mengisi bulan Ramadhan dengan berbagai amalan sehingga tercapai tujuan diwajibkannya ibadah puasa, yaitu menjadi insan yang bertakwa.

“Dengan insan yang bertakwa, Insya Allah akan memberikan kebaikan dalam berbagai aktivitas masyarakat, untuk mewujudkan masyarakat Bogor yang damai, selalu dalam naungan Allah, sehingga semoga dapat terwujud kehidupan dan lingkungan yang Islami,” kata Willyuddin.