Pesantren Kilat Momentum Kenalkan Agama Islam Sejak Dini

Red: Fuji Pratiwi

 Senin 10 Apr 2023 09:30 WIB

Anak-anak mengikuti pesantren kilat (ilustrasi). Pesantren kilat yang digelar dari berbagai lembaga saat Ramadhan terus dihadirkan guna mengenalkan agama Islam sejak dini kepada anak-anak maupun santri. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Anak-anak mengikuti pesantren kilat (ilustrasi). Pesantren kilat yang digelar dari berbagai lembaga saat Ramadhan terus dihadirkan guna mengenalkan agama Islam sejak dini kepada anak-anak maupun...

Anak-anak harus belajar beribadah sejak dini agar jadu kebiasaan, bukan beban.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pesantren kilat yang digelar dari berbagai lembaga saat Ramadhan terus dihadirkan guna mengenalkan agama Islam sejak dini kepada anak-anak maupun santri.

"Pesantren kilat momentum kami dari TPQ (Taman Pendidikan Quran) untuk mengenalkan ilmu agama sejak dini. Semangat beribadah di bulan suci ini kami manfaatkan agar diisi dengan kegiatan positif," ujar Ketua TPQ Al- Ikhlas, Al Hajji Aziz di Pontianak, Kalimantan Barat, Ahad (9/4/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskan, dalam momen pesantren kilat peserta didik dibekali ilmu tentang pentingnya puasa Ramadhan, bersedekah, shalat, dan membaca Alquran. "Peserta didik kami dibekali ilmu melalui ustadz dan ustadzah yang baik dari TPQ maupun luar," ucap dia.

Menurutnya, anak-anak harus belajar beribadah sejak dini sehingga ke depannya menjadi kebiasaan, bukan menjadi beban. "Untuk itulah lembaga kami ini hadir. Bagaimana warga di sekitar TPQ Al- Ikhlas ini menjadi insan Qurani dan Islami. Sejak dini sudah belajar dengan giat dan Insya Allah ke depan bisa menjadi anak soleh atau sholeha yang bisa membanggakan orang tua, agama, dan bangsa," ucap dia.

Ia berharap dukungan dan peran semua pihak untuk bisa menjadikan anak-anak terus giat menuntut ilmu dan belajar agama islam melalui peran masing-masing. "Kami bersyukur sejauh ini memang untuk menghadirkan insan Qurani ini butuh peran semua pihak. Contohnya dalam hal operasional dan beasiswa kepada santri kami ini datang sumbangan dari donatur. Artinya peran semua pihak sangat dibutuhkan. Ini tentu menjadi tugas bersama kita dalam memajukan lembaga agama di sekitar kita," ucapnya.

 

Berita Lainnya