Semarakkan Ramadhan, Perhimpunan Indonesia Tionghoa Gelar Bazar Murah di Istiqlal

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah

Ahad 09 Apr 2023 17:41 WIB

Penyerahan Mushaf Alquran secara simbolik ke Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar. Foto: Dok Istimewa Penyerahan Mushaf Alquran secara simbolik ke Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bazar Ramadhan digelar pada  Ahad (9/4/2023). pagi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat  

Kegiatan sosial tersebut merupakan kolaborasi Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan etnis Tionghoa yang ada di Indonesia.  

Baca Juga

Acara ini juga sekaligus menyambut ulang tahun yang ke-24 tahun INTI yang bertepatan Senin 10 April 2023.  

Dalam sambutannya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof KH Nasaruddin Umar dengan hangat memberikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat. 

“Hubungan Islam dan China, bukan hubungan yang baru. Hubungan ini sudah terjalin sejak zaman Rasulullah SAW. Tugas kita adalah melanjutkannya," ujar Prof Nasaruddin.

Sekjend PITI dan mewakili INTI, Lexyndo Hakim, dalam sambutannya menyebutkan Ramadhan adalah bulan ibadah.  

"Jangan sampai menjadikan kita hamba yang lemah dan mengurangi produktivitas dengan alasan puasa," kata Lexyndo. 

Baca juga: 6 Fakta Seputar Saddam Hussein yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Anti Israel  

Hal tersebut kata dia sejalan dengan sabda Nabi Muhammad SAW. "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah SWT daripada mukmin yang lemah," tambahnya. 

Kegiatan Ramadhan tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan kekuatan baik secara fisik, mental, maupun finansial. 

Lexy juga mengucapkan terimakasih kepada perhimpunan INTI, PITI, DMI, marga Huang Jakarta, Pemuda Huang Jabodetabek, Paguyuban Meizhou Indonesia, Perkumpulan Hakka Indonesia & Jakarta, Perkumpulan Marga Zhang, Lions club Jakarta Indo Prima, Lions Club Jakarta host, dan Lions club Jakarta Timur Ebony, serta pihak swasta terkait seperti Sinarmas, Garudafood, Indofood, Adisena, dan Mayora. 

"Semoga dengan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk umat dan balasan pahala yang setara bagi seluruh pihak yang terlibat," kata Lexyndo Hakim.