Jangan Boros, Ini Tips Hemat Selama Ramadhan 

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 09 Apr 2023 17:28 WIB

 Jangan Boros, Ini Tips Hemat Selama Ramadhan. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Jangan Boros, Ini Tips Hemat Selama Ramadhan. Foto: Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Datangnya Ramadhan dengan kewajiban berpuasa bagi umat muslim ternyata tidak membuat pengeluaran berkurang dan jadi lebih hemat. Sebaliknya, momen ini kerap menjadi ceruk yang membuat masyarakat lebih boros lantaran sering tergoda berbagai kuliner jelang berbuka puasa. 

Dosen Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Happy Febrina Hariyani pun memberikan sederet tips agar tidak boros saat Ramadhan. Menurutnya, saat menjalankan ibadah puasa biasanya akan muncul banyak godaan untuk membeli berbagai menu yang diinginkan. "Hal ini membuat masyarakat kalap dan membeli banyak menu, padahal tidak semuanya dibutuhkan dan dimakan," ucapnya.

Baca Juga

Menurut dia, perlu ada pengendalian diri dan kesadaran bahwa membeli makanan tidak perlu berlebihan. Masyarakat harus membeli makanan dan minuman dengan bijak. Hal ini bertujuan agar tidak sampai terbuang kalau tidak habis.

Untuk mengantisipasi hal serupa, umat mustlim hendaknya melakukan perencanaan keuangan. Selain menghindari membeli makanan yang tidak perlu, rencana keuangan juga akan menyelamatkan finansial dari keborosan lain. Beberapa di antara seperti membeli minuman yang tidak perlu, barang yang tidak perlu, pakaian, dan lain sebagainya. 

Dari pada membeli makanan, masyarakat lebih baik memasak sendiri agar lebih menghemat juga sehat. Menunya juga harus disesuaikan dan tidak berlebihan saat membeli bahan masakan. Sementara itu, untuk agenda buka bersama keluarga maupun rekan, bisa dipilih beberapa saja. 

Menurut dia, banyaknya buka bersama yang harus dihadiri membuat pengeluaran juga semakin membengkak. Maka itu, ia berpesan agar memiliki beberapa saja untuk dihadiri. Salah satunya bukber yang memang penting dan paling nyaman untuk diikuti. 

Terakhir, Happy juga mendorong masyarakat untuk mengisi waktu Ramadhan dengan berbagai aktivitas positif. Beberapa di antaranya seperti olahraga, ikut kajian, membaca Alquran dan lainnya. Selain menyehatkan jiwa dan raga, banyaknya aktivitas juga bisa membuat kita tidak kepikiran untuk berbelanja, baik itu dalam bentuk makanan, minuman, pakaian, atau barang lainnya.

Dia menilai kegiatan positif dapat menekan angka anggaran yang boros. "Karena tidak ada waktu yang kosong dan membuat kita iseng buka market place atau mengunjungi mall dna toko,” ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Republika