Polres Garut Minta Proyek Perbaikan Jalur Mudik Dikebut

Red: Nora Azizah

Sabtu 08 Apr 2023 21:42 WIB

Operator mengoperasikan alat berat untuk menyelesaikan pengaspalan jalan. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi Operator mengoperasikan alat berat untuk menyelesaikan pengaspalan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro meminta pengerjaan proyek perbaikan jalan di daerah ini agar dikebut sebelum Lebaran 2023 agar masyarakat yang melakukan perjalanan mudik bisa merasakan nyaman dan aman. "Kami melihat ada kerusakan (jalan), saya meminta H-4 (Lebaran) semua sudah tuntas," kata Rio kepada wartawan di Garut, Sabtu (8/4/2023).

Ia menuturkan, jajarannya sudah melakukan peninjauan langsung kondisi jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten yang akan dilalui kendaraan pemudik saat momentum Lebaran 2023. Hasil peninjauan, kata dia, ada sejumlah jalan yang masih rusak, salah satunya jalan provinsi di wilayah Leles-Kadungora, namun saat ini sedang proses perbaikan.

Baca Juga

"Kondisi jalan kami cek, jalur dari Kadungora-Leles, cek di daerah selatan ditemukan ada jalan rusak dan kami langsung koordinasi dengan Dishub dan PU (Pekerjaan Umum) bagaimana penyelesaiannya, saya minta itu untuk dikebut," katanya.

Ia berharap upaya pengerjaan jalan dapat dilaksanakan cepat dan maksimal sehingga saat arus mudik kondisi jalan yang sebelumnya rusak di Garut sudah dapat dilalui kendaraan dengan nyaman dan aman. Jika dibutuhkan, kata dia, jajaran Polres Garut siap membantu untuk proses mempercepat perbaikan jalan utama arus mudik di Garut.

"Kami akan turun bersama-sama membantu menyelesaikan," kata Kapolres.

Ia menambahkan, Polres Garut saat ini sedang mempersiapkan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 mulai dari pengecekan jalan, pembangunan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos pengaturan. Seluruh pos pengaturan, kata dia, akan disebar di setiap ruas jalan yang dinilai memiliki potensi rawan kemacetan maupun keramaian di pusat perkotaan Garut.

"Di mana setiap pos ditempatkan anggota agar dapat mengatur arus lalu lintas," katanya.

Terpopuler