Sebelum Ramadhan Berakhir, Ini Hal yang Dianjurkan Nabi SAW di Tengah Malam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 08 Apr 2023 21:45 WIB

 Sebelum Ramadhan Berakhir, Ini Hal yang Dianjurkan Nabi SAW di Tengah Malam. Foto:  Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi) Foto: Republika/Thoudy Badai Sebelum Ramadhan Berakhir, Ini Hal yang Dianjurkan Nabi SAW di Tengah Malam. Foto: Doa sapu jagat yang sangat disukai Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW mengajarkan tentang doa yang dianjurkan dibaca pada pertengahan malam. Doa ini dapat dibaca pada setiap malam.

Dalam riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

"Rabb kami (rahmat-Nya) turun ke langit dunia pada tiap malam, yaitu ketika masih tersisa dari malam hari sepertiga terakhirnya, lalu berfirman:

'Siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku memperkenankan baginya. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku memberinya. Siapa yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku mengampuninya.'" (HR Bukhari)

Diriwayatkan pula dari Amr bin Absah RA, ia pernah mendengar Nabi SAW bersabda:

"Saat yang paling dekat antara hamba dengan Rabbnya ialah pada pertengahan terakhir malam hari. Jika engkau mampu menjadi orang yang berdzikir kepada Allah SWT di saat itu, maka lakukanlah." (HR Muslim)