Masih Pagi, Jangan Olahraga Dulu Saat Berpuasa

Red: Reiny Dwinanda

Sabtu 08 Apr 2023 04:18 WIB

Warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta,  Ahad (3/4/2022). Aktivitas olahraga warga ibu kota pada hari pertama puasa Ramadan terpantau lebih sepi dibanding hari Ahad sebelum-sebelumnya. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Warga bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (3/4/2022). Aktivitas olahraga warga ibu kota pada hari pertama puasa Ramadan terpantau lebih sepi dibanding hari Ahad sebelum-sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kapan waktu terbaik untuk berolahraga di bulan puasa? Ahli gizi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Arjuna menyarankan masyarakat tidak berolahraga pagi selama menjalankan ibadah puasa.

"Tidak ideal berolahraga di pagi hari saat puasa karena ketahanan tubuh lebih lemah karena badan jauh lebih lemas dari biasanya ketika tidak puasa," ujar Tony melalui keterangan tertulis UGM di Yogyakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga

Berolahraga pada pagi hari ketika berpuasa tidak ideal dilakukan, bahkan cenderung berisiko bagi yang tidak terbiasa. Saat berolahraga, menurut Tony, penggunaan kalori lebih banyak yang akan membuat gula darah lebih cepat turun sehingga tubuh merasa lemas dan akan terasa lapar sepanjang hari.

Kondisi tersebut akan berisiko tinggi terutama bagi pengidap diabetes karena bisa terkena serangan hipoglikemia yang membahayakan nyawa. Saat berolahraga, menurut Tony, tubuh akan mencari sumber alternatif pembakaran.

"Yang seharusnya glikogen bisa dibakar dalam delapan jam, tapi karena dipakai ketika olahraga tadi dan tidak ada makanan yang masuk otomatis dia habisnya lebih cepat. Ya, otomatis sisa hari jadi jauh lebih berat untuk dilewati," ujar dia.

Menurut Tony, aktivitas olahraga bagi yang berpuasa idealnya dilakukan saat mendekati waktu berbuka. Olahraga bisa dilakukan 30 menit sampai satu jam sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih.