Kamis 06 Apr 2023 16:00 WIB

BPJS Kesehatan Operasi Selama Mudik Lebaran, Ini Perinciannya

Pelayanan akses kesehatan bisa dilakukan dengan hanya menunjukkan NIK.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Gita Amanda
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pemudik di Posko BPJS Kesehatan di Rest Area, (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pemudik di Posko BPJS Kesehatan di Rest Area, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti, mengatakan, akses pelayanan kesehatan peserta BPJS Kesehatan pada masa mudik Lebaran 2023 tetap aman. Dia memastikan, pelayanan akses kesehatan bisa dilakukan dengan hanya menunjukkan NIK.

“BPJS Kesehatan menganut prinsip portabilitas dalam menyelenggarakan Program JKN. Artinya, seluruh peserta dapat mengakses pelayanan di manapun dan kapan pun, termasuk saat libur Lebaran,” kata Ghufron kepada awak media di Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga

Untuk dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan peserta, BPJS Kesehatan juga menerapkan piket layanan khusus di kantor cabang. Piket layanan tersebut membuka akses layanan tatap muka di Kantor Cabang dan Kantor Kabupaten/Kota untuk peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI). Layanan tersebut dimulai pada periode 19-21 April 2023 dan 24-25 April 2023 pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

Selama masa libur Lebaran, BPJS Kesehatan, lanjutnya, membuka 955.429 kanal pembayaran yang bisa dimanfaatkan peserta untuk membayar iuran kepesertaan JKN.

Ghufron menambahkan, peserta dapat mengakses layanan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Apabila peserta berada di luar daerah tempat asalnya, peserta masih dapat mengakses di fasilitas kesehatan yang bukan tempat dirinya terdaftar. Menurut dia, apabila peserta dalam kondisi kegawatdaruratan medis, seluruh fasilitas kesehatan wajib memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta.

"Apabila peserta mengalami kendala saat mengakses layanan di fasilitas kesehatan, mereka dapat menghubungi Petugas Pemberi Informasi dan Penganan Pengaduan (PIPP). Khusus di rumah sakit, BPJS Kesehatan juga telah menghadirkan Petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) untuk mempermudah dalam mengakses informasi pelayanan. Bukan hanya itu, apabila peserta menemukan kendala di rumah sakit, peserta juga dapat menghubungi Petugas BPJS SATU!" kata Ghufron menambahkan.

Sementara itu, selama libur Lebaran untuk pelayanan obat Program Rujuk Balik (PRB) ketentuan tetap mengacu pada kebijakan pelayanan kesehatan di FKTP. Apabila jadwal pengambilan obat PRB jatuh pada masa libur Lebaran, jadwal dapat disesuaikan menjadi lebih awal maksimal tujuh hari sebelum persediaan obatnya habis.

Kini, peserta juga dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan. Cukup dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), peserta bisa mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement