9.000 Toilet di Rest Area Disiapkan untuk Pemudik

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha

 Kamis 06 Apr 2023 06:40 WIB

Mengantisipasi membeludaknya kebutuhan pemudik dalam urusan toilet, rest area km 86 tol Cipali menambah penyediaan toilet dengan toilet mobil. Foto: Republikaa/Joko Sadewo Mengantisipasi membeludaknya kebutuhan pemudik dalam urusan toilet, rest area km 86 tol Cipali menambah penyediaan toilet dengan toilet...

Pemerintah juga menyediakan rest area sementara di beberapa titik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung bagi para pemudik selama masa lebaran 2023. Salah satu yang disiapkan yakni 9.000 toilet yang tersebar di 127 rest area jalan tol.

Basuki mengatakan, jumlah toilet yang disediakan pada tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga

“Toilet-toilet yang tahun lalu sekitar 6.000 toilet di 127 rest area jalan tol, itu sekarang sudah menjadi sekitar 9.000 toilet yang kita siapkan. Jadi mudah-mudahan bisa memberikan kelancaran orang buang air kecil,” kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, dikutip pada Kamis (6/4/2023).

Selain itu, pemerintah juga menyediakan rest area sementara di beberapa titik, salah satunya yakni di Tol Cipali km 81.

“Untuk rest area di Cipali di kilometer 81 kita bikin sementara, ada sekian lebih dari 5 hektare, termasuk yang di Banten di kilometer 97 untuk menunggu masuk kapal kita parkirkan di situ jadi bisa mengurangi antrean,” jelas Basuki.

Basuki melanjutkan, pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah infrastruktur pendukung untuk memperlancar arus mudik selama masa lebaran nanti. Di antaranya yakni jalan tol Cisumdawu yang akan dibuka secara fungsional sepanjang 90 kilometer. Jalan tol Cisumdawu ini akan mulai beroperasi pada 15 April 2023.

“Kalau dari PU, tambahannya yang mungkin akan sangat membantu pertama adalah Cisumdawu, itu mudah-mudahan bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Dawuan 90 kilometer lebih,” ujarnya.

Selain jalan tol Cisumdawu, pemerintah juga akan membuka ruas jalan tol Solo-Yogya. Jalan tol ini bisa memangkas waktu tempuh dari Semarang menuju Jogja serta memperlancar arus lalu lintas selama mudik lebaran.

“Solo-Yogya yang dari exit jalan tol dari Semarang Solo nanti kalau orang mau ke Jogja enggak perlu lagi ke Kartosuro, langsung bisa tembus sehingga bisa melewati mungkin 7 traffic light, nah itu sudah membantu 7 traffic light yang bisa enggak lewat situ,” kata Basuki.

 

Berita Lainnya