Tips Tetap Produktif Selama Puasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 07 Apr 2023 05:05 WIB

Jamaah beristirahat saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak beribadah seperti membaca Alquran, melaksanakan shalat sunnah, dan melakukan sedekah. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid di Jakarta yang menyediakan beragam program bulan Ramadhan seperti kajian, buka puasa bersama, tarawih, posko pembayaran zakat dan beragam acara keagamaan lainnya yang dapat dimanfaatkan jamaah untuk meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Tips Tetap Produktif Selama Puasa Foto:

1

6. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Jika kita bekerja, Ramadhan mungkin bulan di mana kita tetap berada di meja selama jam makan siang sehingga kita dapat berangkat satu jam lebih awal. Atau kita bisa proaktif dan menggunakan jam makan siang untuk membaca Alquran setiap hari, berzikir dan berdoa, atau bahkan berbelanja barang-barang yang mungkin kita perlukan keesokan harinya.

7. Lakukan evaluasi diri

Di akhir setiap hari dan pekan di bulan Ramadhan, kita dapat mengevaluasi tingkat produktivitas kita. Pastikan untuk mengakui apa yang berhasil dan lakukan lebih dari itu.

Ikuti nasihat Umar Ibn al-Khattab: “Bertanggung jawablah sebelum kamu dimintai pertanggungjawaban dan timbanglah perbuatanmu sebelum ditimbang untukmu”.

8. Mulailah membangun kebiasaan

Menurut para ahli, dibutuhkan waktu 21 hari untuk membangun sebuah kebiasaan dan ada mengatakan lebih lama. Tepatnya berapa lama waktu yang dibutuhkan tidak terlalu penting.

Intinya adalah, kita harus meletakkan pekerjaan di depan jika kita ingin kebiasaan tetap bertahan. Jadi mengapa tidak menggunakan Ramadhan untuk memulai.

Baik itu ingin mulai membaca lebih banyak Alquran setiap hari atau bangun untuk sholat malam. Manfaatkan waktu Ramadhan untuk mulai membentuk kebiasaan dan siapkan diri untuk sukses. Kesabaran dengan ibadah-ibadah ini pada akhirnya akan membuat kita lebih produktif dan yang terpenting akan berakhir di jannah.

Terpopuler