Tips Tetap Produktif Selama Puasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 07 Apr 2023 05:05 WIB

Jamaah beristirahat saat menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (5/4/2023). Saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak beribadah seperti membaca Alquran, melaksanakan shalat sunnah, dan melakukan sedekah. Masjid Istiqlal menjadi salah satu masjid di Jakarta yang menyediakan beragam program bulan Ramadhan seperti kajian, buka puasa bersama, tarawih, posko pembayaran zakat dan beragam acara keagamaan lainnya yang dapat dimanfaatkan jamaah untuk meningkatkan kualitas ibadah di Bulan Suci Ramadhan. Tips Tetap Produktif Selama Puasa Foto:

1

3. Jangan buang waktu atau menunda-nunda

Puasa ketika sedang bekerja merupakan tantangan tersendiri, terutama bagi mereka yang berpuasa di cuaca panas. Namun, ini juga berfungsi sebagai cara yang bagus untuk mempelajari kebiasaan kerja yang lebih baik. Saat kita berpuasa, tidak ada waktu untuk bermalas-malasan karena kita cenderung semakin lapar seiring berjalannya hari. Salah satu kebiasaan yang bermanfaat adalah melakukan sesuatu tepat pada waktunya, karena menunda-nunda hanya berarti penderitaan.

4. Sesuaikan niat

Salah satu tip mudah untuk meningkatkan produktivitas adalah meninjau dan menyesuaikan niat. Menyesuaikan niat dan berusaha untuk menyenangkan Allah dalam kegiatan harian akan membuat perbedaan besar. Dengan demikian, tidur di malam hari untuk sahur, pergi bekerja dan makan ifitar semuanya akan dihitung sebagai perbuatan baik.

5. Mengingat orang yang kurang beruntung

Ramadhan membuat kita mengingat mereka yang keadaannya lebih sulit dari kita. Betapapun kurang beruntungnya, kita masih dapat menemukan orang lain yang kurang beruntung dan lebih membutuhkan.

Setidaknya, orang mungkin memikirkan orang-orang yang berada dalam bahaya kelaparan di beberapa bagian dunia saat ini. Ini akan membantu kita meningkatkan kesabaran dan ucapan syukur kita. Dengan pola pikir seperti itu, seseorang dipaksa untuk bekerja lebih keras dan menawarkan lebih banyak dalam hal amal dan kemurahan hati.

Terpopuler