Harga Bahan Pokok di Kota Depok Terpantau Turun Jelang Idul Fitri

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nora Azizah

Rabu 05 Apr 2023 21:13 WIB

Pedagang merapikan dagangannya di Pasar (Foto: ilustrasi) Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra Pedagang merapikan dagangannya di Pasar (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok mencatat harga sejumlah komoditas di pasar tradisional mulai turun pada pekan kedua Ramadan ini. Penurunan terjadi di beberapa komoditas seperti beragam jenis cabai.

"Harga cabai turun kalau melihat harganya sudah turun, tidak seperti menjelang puasa lalu yang melambung naik," jelas Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Sony Hendro dikutip dari rilis Pemkot Depok, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Menurutnya, penurunan harga terpantau terjadi di Pasar Cisalak, seperti harga cabai merah keriting yang turun dari Rp 36 ribu/kg menjadi Rp 29 ribu/kg. Ada juga cabai rawit hijau yang turun dari Rp 41 ribu/kg menjadi Rp 39 ribu/kg. Lalu cabai rawit merah turun dari Rp 53 ribu/kg menjadi Rp 46 ribu/kg. Hanya cabai merah biasa yang terpantau naik dari harga normal sebesar Rp 4 ribu, yakni menjadi Rp 40 ribu/kg.

Dia juga menjelaksan harga tomat turun dari Rp 13 ribu/kg menjadi Rp 12 ribu/kg, telur ayam ras menjadi Rp 28 ribu/jg, daging sapi lokal stabil rata-rata Rp 140-150 ribu/kg hingga daging ayam broiler Rp 35 ribu/kg. Hanya bawang merah naik seribu menjadi Rp 34 ribu/kg, dan bawang bombay menjadi Rp 39 ribu/kg.

"Secara umum semua komoditas sudah berangsur turun kembali ke normal harganya," katanya.

Sony menuturkan, terpantau juga telah ada peningkatan jumlah pengunjung di pasar. Dia kemudian memastikan stok pangan di Depok aman terkendali meskipun permintaan meningkat.

"Alhamdulillah semua masih aman stoknya jadi masyarakat tidak perlu khawatir," ujarnya.

Terpopuler