Polresta Surakarta Siapkan Enam Pos Mudik Lebaran

Red: Nora Azizah

Rabu 05 Apr 2023 14:06 WIB

Polresta Surakarta, Jawa Tengah, mendirikan enam pos pemantau yang tersebardi sejumlah lokasi untuk menyambut para pemudik Lebaran 2023. Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin Polresta Surakarta, Jawa Tengah, mendirikan enam pos pemantau yang tersebardi sejumlah lokasi untuk menyambut para pemudik Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Polresta Surakarta, Jawa Tengah, mendirikan enam pos pemantau yang tersebardi sejumlah lokasi untuk menyambut para pemudik Lebaran 2023. Enam pos tersebut terdiri atas lima pos keamanan (pospam) dan satu pos terpadu, kata Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, usai Rapat Koordinasi dengan instansi terkait di Mapolresta Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (5/4/2023).

Lima pos pamakan didirikan di Tugu Makuto, Faroka, Banyuanyar, Jurug, dan Gilingan. Sedangkan satu pos terpadu berada di Benteng Vastenburg dekat Balai Kota Surakarta. Pospam dan pos terpadu tersebut akan memantau jika terjadi kemacetan dan tindak kejahatan selama masa mudik Lebaran dalam Operasi Ketupat Candi 2023 yang dimulai pada 19 April 2023.

Baca Juga

Iwan menjelaskan, potensi Operasi Ketupat Candi 2023 dimulai lebih awal. Rapat koordinasi itu bertujuan untuk mematangkan dan menginventarisasi apa saja yang diperlukan, dengan berkaca pada operasi serupa di 2022.

Pemudik merupakan masyarakat yang merantau di daerah Ibu Kota DKI Jakarta, di mana Jawa Tengah, salah satunya Kota Surakarta, menjadi tempat tujuan terbesar. Solo Raya merupakan wilayah yang sangat besar masyarakatnya merantau ke Jakarta, sehingga diperkirakan akan melakukan perjalanan saat mudik Lebaran.

Polresta Surakarta telah menyiapkan sebanyak 1.016 personel gabungan TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, dan organisasi kemasyarakatan (ormas) yang akan berpartisipasi. Ribuan petugas itu akan berjaga di pospam, pos pelayanan, dan pos terpadu di Solo Raya.

"Pos-pos ini akan dioptimalkan memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga yang mudik ke Surakarta dan berwisata di wilayah ini akan lebih aman dan nyaman," jelas Iwan.

Surakarta juga memiliki titik wisata baru yang menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung, sehingga faktor keamanannya perlu disiapkan. "Kami sudah mendengarkan dari seluruh instansi tentang kesiapan untuk bersama-sama dalam Operasi Ketupat Candi 2023 menyambut mudik Lebaran yang digelar mulai tanggal 19 April mendatang," ujar Iwan.

Turut hadir dalam Rakor Mudik Lebaran 2023 itu antara lain Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, Komandan Kodim 0735/ Surakarta Letkol (Inf) Devy Kristiono, dan perwakilan ormas setempat.