Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 06 Apr 2023 05:07 WIB

Sejumlah siswa mengikuti ujian. Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa Foto:

1

3. Berbuka puasa dengan yang sedikit

Jangan makan berlebihan ketika berbuka puasa. Berbukalah dengan sesuatu yang ringan, belajar sebentar, lalu pergi dan sholat Tarawih. Setelah kembali dari Tarawih, makanlah makanan yang lebih banyak dan kemudian akan memiliki energi untuk belajar serius di malam hari.

Kita juga harus ingat ini sebenarnya sunnah Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa dengan sesuatu yang ringan dan tidak menjejalkan diri dengan makanan sehingga kita tidak bisa beraktivitas setelah berbuka puasa.

4. Displin akan bermanfaat tak hanya setelah Ramadhan

Bahwa belajar dan ujian di bulan Ramadhan sangat menantang, namun itu adalah waktu untuk mengajarkan kedisiplinan diri. Jika dapat menghadapi ujian selama Ramadhan, saat berpuasa, maka kita dapat menghadapi kesulitan apa pun yang mungkin kita alami setelah Ramadhan.

Kita akan merasa cukup kuat untuk mengatasi tantangan apa pun hanya karena disiplin diri yang dipelajari selama waktu ujian di bulan Ramadhan. Waktu ini hanya sementara, berikan yang terbaik.

5. Pikirkan imbalannya

Allah membalas kita semua terutama ketika kita menemukan sesuatu yang sulit dan pasti belajar untuk ujian selama Ramadhan adalah tugas yang sulit. Agar tetap termotivasi, pikirkan imbalan yang akan Allah berikan kepada kita.

Kita tidak hanya akan lulus ujian jika kita tetap berkomitmen dan berdedikasi saat berpuasa dan belajar tetapi kita akan mendapatkan pahala di akhirat juga. Ini adalah motivasi terbesar yang mendorong seorang pelajar muslim untuk berpuasa meski sedang ujian dan cuaca yang berat. Pikirkan saja imbalan itu dan beri diri kita hadiah juga dengan merayakan Idul Fitri.

Terpopuler