Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 06 Apr 2023 05:07 WIB

Sejumlah siswa mengikuti ujian. Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa Foto: ANTARA/Makna Zaezar Sejumlah siswa mengikuti ujian. Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa

Tidak peduli seberapa stresnya ujian, jangan kita meninggalkan ibadah Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, berpuasa merupakan bukan hal berat. Namun, bagi sebagian lain bisa menjadi tantangan, terutama ketika pelajar harus menghadapi ujian saat puasa di musim dengan cuaca yang panas dan terik atau pengerjaan tugas bertepatan dengan waktu sholat tarawih.

Dilansir di About Islam, berikut lima tips bagi pelajar ketika harus menghadapi ujian sembari berpuasa.

Baca Juga

Tips Lancar Menghadapi Ujian Bagi Pelajar yang Berpuasa

1. Jangan menyerah dengan ibadah selama Ramadhan

Mungkin kita tergoda untuk tidak pergi sholat Tarawih. Mungkin tergoda untuk tidak sholat sunnah atau melakukan perbuatan baik lainnya selama Ramadhan, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh kejadian itu, semua kebaikan berasal dari ibadah. Kita bisa saja duduk di rumah mengerjakan tugas dan panik karenanya dan merasa tidak enak sama sekali untuk ujian.

Tetapi jika pergi untuk sholat Tarawih, yakinlah Allah membantu dengan memberi waktu untuk bertemu dengan temannya dan membaca beberapa catatan belajar sebelum ujian. Tidak peduli seberapa stresnya ujian, jangan kita meninggalkan ibadah selama Ramadhan.

2. Istirahat sampai maghrib

Jika seorang pelajar memiliki ujian selama Ramadhan, hal terbaik yang harus kita lakukan adalah istirahat dan tidur siang ketika tiba di rumah sampai maghrib. Simpan dan gunakan energi itu setelah berbuka puasa saat kita sudah makan dan merasa segar kembali. Kemudian, kita dapat belajar dan berkonsentrasi dengan baik setelah kita beristirahat dan makan.

Berita Lainnya