Pemkot Jaksel Sosialisasi Kota Sadar Zakat di Festival Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 03 Apr 2023 12:02 WIB

Lembaga Amil Zakat di Indonesia. Pemkot Jaksel Sosialisasi Kota Sadar Zakat di Festival Ramadhan Foto: Republika Lembaga Amil Zakat di Indonesia. Pemkot Jaksel Sosialisasi Kota Sadar Zakat di Festival Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Selatan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) DKI Jakarta menggelar sosialisasi Jakarta Selatan sebagai Kota Sadar Zakat dalam gelaran Festival Ramadhan 1444 H, Senin (3/4/2023).

Kepala Baznas DKI Jakarta Ahmad Abu Bakar dalam sambutannya mengapresiasi warga Jakarta Selatan yang berpartisipasi optimal untuk membayar zakat.

Baca Juga

"Zakat yang terkumpul kita gunakan untuk membantu fakir miskin, pendidikan, dan kegiatan-kegiatan amal lainnya. Jadi saya meminta kesadaran kita semua untuk turut berpartisipasi dalam zakat," kata Ahmad, Senin.

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin menambahkan kesadaran membayar zakat merupakan wujud kepedulian sosial masyarakat untuk saling membantu sesama warga yang membutuhkan.

"Kami pun dari jajaran ASN, Polri, serta badan-badan lain juga sudah sepakat menyumbangkan sebagian pendapatan kami untuk zakat," kata Munjirin.

Ketua Koordinator Baznas (Bazis) Jakarta Selatan Yasdar menyebutkan sembilan prestasi yang diraih Kota Jakarta Selatan di bidang zakat. Sejauh ini, Jakarta Selatan meraih penghargaan sebagai kota dengan zakat tertinggi DKI Jakarta. Selain itu, tiga kecamatannya, yakni Kecamatan Kebayoran Baru, Kecamatan Kebayoran Lama, dan Kecamatan Pesanggrahan juga meraih juara 1, 2, dan 3 untuk zakat tertinggi DKI Jakarta.

Hal yang sama juga diraih Jakarta Selatan pada level kelurahan. Tiga kelurahannya, yakni Kelurahan Melawai, Kelurahan Ulujami, dan Kelurahan Kebayoran Lama Utara meraih juara 1,2, dan 3 untuk zakat tertinggi se-DKI.

"Prestasi yang luar biasa ini membuat kami semakin yakin Jakarta Selatan layak untuk menyandang predikat Jakarta Selatan Kota Sadar Zakat," ungkap Yasdar

Festival Ramadhan di kantor Wali Kota Jakarta Selatan tersebut juga dihadiri oleh pihak Polres Metro Jakarta Selatan, Himpunan Pengusaha Warteg Indonesia (HIPWIN), Gojek (Yayasan 1 Aspal), Yayasan Sahabat Mandiri Indonesia, Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI, dan beberapa perwakilan lainnya. Badan-badan tersebut juga menyatakan partisipasi zakatnya kepada Baznas DKI Jakarta.