Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Sudah Bisa Digunakan untuk Tarawih

Red: Ani Nursalikah

Senin 03 Apr 2023 08:39 WIB

Live streaming Soft Opening Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina, disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia dan pihak-pihak terkait, Kamis (17/11/2022). Masjid Syekh Ajlin, merupakan hasil rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diinisiasi Aman Palestin dari wakaf masyarakat Indonesia dan bantuan sejumlah pihak, saat ini telah rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat setempat. Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Sudah Bisa Digunakan untuk Tarawih Foto: Edi Yusuf/Republika Live streaming Soft Opening Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina, disaksikan langsung oleh masyarakat Indonesia dan pihak-pihak terkait, Kamis (17/11/2022). Masjid Syekh Ajlin, merupakan hasil rancangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang diinisiasi Aman Palestin dari wakaf masyarakat Indonesia dan bantuan sejumlah pihak, saat ini telah rampung dan bisa digunakan oleh masyarakat setempat. Masjid Karya Ridwan Kamil di Palestina Sudah Bisa Digunakan untuk Tarawih

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Syeikh Azlin di Gaza, Palestina yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat ini telah bisa digunakan untuk sholat tarawih pada Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah.

"Masjid Gaza Palestina sudah dipakai tarawih lagi. Alhamdulillah Masjid Syekh Azlin, yang hancur di 2014 oleh serangan bom Israel ini sekarang sudah kembali berdiri tegak," ujar Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil, seperti dilihat Ahad.

Baca Juga

Dalam video yang Gubernur Ridwan Kamil unggah di akun Instagram-nya, masjid tersebut telah rampung dan mulai digunakan masyarakat. "Dan ini adalah Ramadhan pertama masyarakat di kecamatan itu untuk bisa beribadah dengan afdal, setelah delapan tahun sholat selalu menggunakan tenda darurat," katanya.

Masjid tersebut merupakan wakaf dari masyarakat Indonesia yang dikelola oleh lembaga kemanusiaan Aman Palestina. "Semua berkat donasi dari para donatur institusi, pribadi dan netizen Indonesia yang digalang melalui @amanpalestin. id," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat itu terlibat dalam mendesain masjid tersebut. Ia menuturkan saat itu ia memberikan dua pilihan desain bagi masyarakat di sana yaitu desain berkubah dan modern.

"Ternyata masyarakat Gaza Palestina justru memilih desain yang modern sebagai simbol kemajuan dan keberanian," katanya.

Dia mengatakan desain masjid tiga lantai ini dari luar memiliki tiga bidang yang memiliki makna tiga bulan sabit jika dilihat dari atas. Artinya Habluminallah, Habluminannas, dan Habluminal alam.

"Semoga dukungan kita kepada Palestina selalu menyala dengan berbagai bentuknya baik diplomasi politik, kemanusiaan maupun dakwah keumatan. We always love and support you dear Palestine," kata Ridwan.

Terpopuler