Selama Ramadhan, Wanita Al Irsyad Batu Gelar Beragam Kegiatan

Red: Agung Sasongko

Sabtu 01 Apr 2023 21:59 WIB

PC Wanita Al Irsyad Batu menggelar sejumlah kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan mengusung tema Maksimalkan Ibadah di Bulan Penuh Berkah. Foto: dok Wanita Al Irsyad Batu PC Wanita Al Irsyad Batu menggelar sejumlah kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan mengusung tema Maksimalkan Ibadah di Bulan Penuh Berkah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PC Wanita Al Irsyad Batu menggelar sejumlah kegiatan selama bulan suci Ramadhan dengan mengusung tema “Maksimalkan Ibadah di Bulan Penuh Berkah”. Diantaranya membagikan bingkisan “Satu Bingkisan Sejuta Cinta” kepada ibu-ibu jamaah binaan PC Wanita Al Irsyad Batu yang mayoritas adalah ibu-ibu lanjut usia dan janda.

Kegiatan bagi bingkisan dilaksanakan pada Ahad, 4 Ramadhan 1444 H atau bertepatan pada tanggal 26 Maret 2023 selesai kajian Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Adapun bingkisan yang dibagikan adalah 250 pack paket bingkisan sembako yang berisi beras, minyak goreng, gula dan baju gamis layak pakai.

Baca Juga

"Pada Ramadhan kali ini, insya Allah PC Wanita Al Irsyad Batu akan melaksanakan 10x kajian Ramadhan. Kajian dilaksanakan khusus ibu-ibu dan dengan pemateri Ustadz-Ustadzah lokal Kota batu. Sampai saat ini (1/4) kajian telah dilaksanakan sebanyak 5x. Kajian dilaksanakan di musholla Al Irsyad Batu (Jl semeru Gg I no 8) pukul 10.00 – 11.30 WIB," demikian isi keterangan pers yang diterima.

Selain Kajian Ramadhan dan Bagi bingkisan, rangkaian kegiatan Ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya adalah Kajian Menyambut Ramadhan yang pada tahun ini telah dilaksanakan pada 18 Sya’ban atau (11/3), Berbagi Iftar, Santunan anak yatim, dan buka bersama jamaah binaan. PC Wanita juga telah melaksanakan kegiatan bagi Iftar. Rencana kegiatan bagi Iftar adalah 4x selama bulan Ramadhan dan dilaksanakan setiap hari jum’at.

Sampai saat ini (1/4) kegiatan bagi Iftar telah dilakukan selama 2x dengan tujuan pertama yakni Pondok Tafidz Putri (Madarasah Darul Qur’an Batu) yang dilaksanakan pada 2 Ramadhan (24/3) dan tujuan kedua yakni Pondok Tafidz Putra (Madarasah Darul Qur’an Batu) yang dilaksanakan pada 9 Ramadhan (31/3).

Dari keenam kegiatan Ramadhan yang telah direncanakan, ada dua kegiatan yang belum terlaksana yakni kegiatan Santunan anak yatim dan kegiatan buka bersama jamaah Binaan. Insya allah Kegiatan Santunan akan dilaksanakan pada 19 Ramadhan (10/4) dengan jumlah 100 orang anak yatim piatu, kegiatan buka bersama jamaah akan dilaksanakan pada 18 Ramadhan (9/4) di Lembaga Pendidikan al Irsyad Batu Dalam bidang pendidikan PC Wanita Al Irsyad Batu mengelola PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Batu dengan 3 layanan yakni Muslimah Day Care, KB Qurrota A’yun dan TK Plus Al Irsyad Al Islamiyyah Batu yang sampai saat ini masih aktif berjalan.

Dalam bidang sosial PC Wanita Al Irsyad memiliki agenda rutin yakni berbagi beras setiap bulannya dengan sasaran jamaah binaan yang berjumlah 250 orang, kegiatan Jum’at Berkah yang dilakukan setiap bulan 1x, kegiatan yang dilakukan yakni membagikan 250 pack nasi kotak dengan sasaran yang berbeda setiap bulannya. Biasanya nasi kotak tersebut dibagikan kepada para jamaah sholat jum’at di masjid-masjid sekitar, kepada anak-anak panti asuhan, para driver online atau pekerja di jalan dan kepada para penjaga pasien di rumah sakit sekitar.

Selain itu kegiatan sosial yang rutin dijalankan yakni pengadaan kencleng sedekah pagi yang bisa diberikan kepada siapa saja untuk diisi dan dikumpulkan kembali ketika sudah penuh. Dana yang terkumpul dari kencleng sedekah pagi diperuntukkan untuk kegiatan sosial kemanusiaan seperti membantu korban bencana, santunan anak yatim, dan membantu saudara-saudara muslim lain yang membutuhkan. Pendanaan kegiatan sosial yang dilakukan oleh PC Wanita selain berasal dari Kencleng sedekah pagi, juga berasal dari donatur Keluarga Besar Al Irsyad, para dermawan, dan para wali murid Lembaga Pendidikan Al Irsyad Batu.

Dalam kegiatan dakwah, PC Wanita rutin melakukan kegiatan dakwah yakni Kajian Rutin khusus putri yang dilaksanakan setiap tanggal 17. Kajian diikuti oleh ±250 ibu-ibu jamaah binaan PC wanita Al Irsyad Batu dari lingkungan sekitar dengan pemateri Ustadz-ustadzah Kota batu.

Terpopuler