Semarak Ramadhan di Khazanah Fest Masjid At-Thohir Hingga 16 April

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 01 Apr 2023 17:34 WIB

Kegiatan Ramadhan bertajuk Khazanah Fest digelar di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok mulai 1 hingga 16 April. Agenda ini diselenggarakan oleh Khazanah Alwadah Kreatif atau Khazanah Network Foto: Republika/Zahrotul Oktaviani Kegiatan Ramadhan bertajuk Khazanah Fest digelar di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok mulai 1 hingga 16 April. Agenda ini diselenggarakan oleh Khazanah Alwadah Kreatif atau Khazanah Network

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegiatan Ramadhan bertajuk Khazanah Fest digelar di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok mulai hari ini, Sabtu (1/4/2013). Acara yang berlangsung hingga 16 April ini diselenggarakan oleh Khazanah Alwadah Kreatif atau Khazanah Network.

Product Owner Khazanah Network Muhammad Fadillah Juliantara menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari program tahunan mereka yang dulunya bernama Ramadhan Space. Untuk tahun ini mereka melakukan rebranding dan membawa IPnya, sehingga nama acaranya menjadi Khazanah Fest.

Baca Juga

"Ini tahun pertama kita mengadakan festival. Rangkaiannya selama satu bulan penuh dan ada pre event sebelum Ramadhan mulai 21 Maret lalu. Agenda pre event ini dilakukan daring, mulai dari webinar, IG Live, maupun aktivasi online lainnya," ujar dia di Masjid At-Thohir, Sabtu (1/4/2023).

Untuk Agenda Khazanah Fest kali ini, ia menyebut fokus utama rangkaian kegiatan adalah kajian yang digelar setiap Sabtu dan Ahad. Hadir mengisi kajian adalah ustadz-ustadz kondang, di antaranya Ustadz Muhammad Riza, Habib Husein Jafar, Ustadz Nur Maulana, dan Habib Muhammad Syahab.

Di hari kerja, pihaknya menyiapkan program komunitas. Hal ini mulai dari kegiatan lokakarya (workshop) hingga kumpul-kumpul komunitas di area seberang masjid.

"Kita buat one stop community solution di area taman itu, kita kumpulkan semua di sana. Ada juga partner kita di united kreatif, seperti Rahasia Gadis dan Rahasia Beauty," lanjut Fadil.

photo
Kegiatan Ramadhan bertajuk Khazanah Fest digelar di Masjid At-Thohir, Cimanggis, Depok mulai 1 hingga 16 April. Agenda ini diselenggarakan oleh Khazanah Alwadah Kreatif atau Khazanah Network. - (Republika/Zahrotul Oktaviani)

Beberapa agenda workshop yang disediakan adalah animation workshop, beauty workshop, mental health workshop, serta kelas memasak bersama peserta Masterchef Indonesia. "Kita juga ada aktivitas live music di dekat tenant yang akan menghibur pengunjung yang datang menjelang buka puasa setiap hari," kata dia.

Fadil menyebut total 65 stan turut meramaikan agenda ini, baik yang berlokasi di sekitar masjid maupun di taman Masjid At-Thohir. Isi stan tersebut beragam, mulai dari komunitas, makanan, fesyen, hingga sponsor.

Khazanah Fest disebut bisa dinikmati oleh siapapun secara gratis. Pihaknya memiliki target bisa mengumpulkan 45 ribu pengunjung dari Jabodetabek.

Bagi Muslim lainnya yang ingin mengikuti kajian namun tinggal di luar Jabodetabek, ia menyebut tidak perlu khawatir karena kegiatan ini disiarkan langsung di tiga channel Youtube. Mereka adalah channel Khazanah Network, Republika Official, dan Masjid At-Thohir.

"Untuk live streaming, target 11 ribu viewers yang ditayangkan di tiga channel, Khazanah Network, Republika Official dan Masjid At-Thohir," ucap Fadil.

Untuk saat ini, ia belum bisa mengonfirmasi kehadiran Erick Thohir di acara tersebut. Namun, ada rencana ia akan ikut hadir bersama Habib Husein Jafar pada 15 April.