Imbauan Dishub untuk Warga Depok Agar Mudik Lancar

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 31 Mar 2023 17:04 WIB

Ilustrasi angkutan mudik. Imbauan Dishub untuk Warga Depok Agar Mudik Lancar Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Ilustrasi angkutan mudik. Imbauan Dishub untuk Warga Depok Agar Mudik Lancar

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Eko Herwiyanto mengaku optimistis arus mudik tahun ini bisa lancar seperti tahun sebelumnya. Hanya saja, ia meminta perusahaan angkutan dan warga mengikuti aturan yang ditetapkan agar mudik bisa berlangsung lancar dan aman.

"Untuk para calon pemudik, alhamdulillah pemerintah telah merevisi jadwal cuti bersama dan libur Lebaran. Itu diharapkan biar situasi lalu lintas tidak di waktu yang bersamaan. Makanya, ditetapkan libur mulai tanggal 19," kata Kadishub kepada Republika.co.id, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga

Menurutnya, pemerintah telah mengatur berbagai strategi agar tidak terjadi penumpukan angkutan di jalan selama arus mudik. Jadi, selama aturan pemerintah dilaksanakan, beserta aturan atau imbauan lain ke depannya dilakukan, maka kegiatan mudik akan lancar.

Dia juga mengimbau para pengusaha angkutan untuk mudik Lebaran agar mengecek dan melengkapi kelengkapan kendaraannya sebelum arus mudik dimulai. Dishub disebutnya telah melakukan kegiatan ramp check atau inspeksi standar keselamatan untuk angkutan mudik.

"Baik dari aspek untuk uji KIR-nya, maupun dari kehandalan mesinnya itu kan harus dicek selama proses pengangkutan penumpang agar tidak ditemukan kendala atau hal fatal lainnya. Jadi kuncinya adalah di pengujian kendaraan dan layanan harus diperhatikan juga," katanya.

Dishub Depok mengaku sedang menggelar ramp check yang telah dilakukan sejak 28 Maret lalu dan akan berakhir hingga 31 Maret. Adapun ramp check selanjutnya akan dilakukan pada 3 hingga 6 April mendatang.