Pemkab Bogor Lanjutkan Tradisi Berbagi Takjil Gratis di Bulan Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Kamis 30 Mar 2023 13:08 WIB

Sejumlah warga antre untuk mendapatkan takjil di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).  Pemerintah Kabupaten Bogor menyediakan takjil gratis bagi warga yang membutuhkan jelang waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 1444 hijriah.  Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya Sejumlah warga antre untuk mendapatkan takjil di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023). Pemerintah Kabupaten Bogor menyediakan takjil gratis bagi warga yang membutuhkan jelang waktu berbuka puasa selama bulan Ramadhan 1444 hijriah.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melanjutkan tradisi berbagi takjil gratis pada Ramadhan 1444 Hijriah di depan gerbang kompleks perkantoran pemerintah daerah diCibinong, Bogor, setiap menjelang buka puasa.

"Semua dinas saya instruksikan agar setiap hari bergantian membagi-bagikan takjil gratis untuk masyarakat. Tidak hanya dinas, di kecamatan pun kegiatan serupa dilakukan, hari ini giliran Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor yang membagikan sekitar 300 takjil gratis," kata Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan di Cibinong, Bogor, Kamis (30/3/2023).

Baca Juga

Tradisi pembagian takjil gratis yang digagas oleh Bupati Bogor nonaktif Ade Yasin itu diperuntukkan bagi masyarakat di sekitaran Jalan Tegar Beriman, Cibinong, yang hendak berbuka puasa.

Iwan menyebutkan, kegiatan itu juga sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia agar jajaran pemerintah menyambut puasa Ramadhan 1444 Hijriah kali ini dengan semangat kesederhanaan.

"Tidak berlebihan, dan anggaran yang biasa dipakai untuk buka bersama dialihkan untuk kegiatan yang lebih bermanfaat. Salah satunya dengan kegiatan membagikan takjil gratis ini kepada masyarakat," kata Iwan.

Ia pun meminta untuk menu takjil yang disediakan enak untuk disantap, tidak hanya sekadarnya.

"Saya akan menilai mana dinas yang hanya ala kadarnya dan mana yang maksimal melaksanakan kegiatan berbagi takjil gratis ini. Yang jelas insya Allah kegiatan ini menjadi amal kebaikan kita di bulan Ramadhan," tuturnya.

Kegiatan berbagi takjil gratis ini juga membuka peluang bagi masyarakat kurang mampu untuk dapat berbuka puasa dengan layak.