Kemenhub Antisipasi Lonjakan Signifikan Pemudik Jalur Laut

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha

Rabu 29 Mar 2023 15:07 WIB

Kapal Motor Kelud bersandar menurunkan penumpang di Pelabuhan Belawan, Medan, Jumat (23/12/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik dengan angkutan laut pada momen libur Lebaran tahun 2023 bakal lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Foto: Tahta Aidilla/Republika Kapal Motor Kelud bersandar menurunkan penumpang di Pelabuhan Belawan, Medan, Jumat (23/12/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik dengan angkutan laut pada momen libur Lebaran tahun 2023 bakal lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah pemudik dengan angkutan laut pada momen libur Lebaran tahun 2023 bakal lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Sejumlah antisipasi disiapkan demi menghindari penumpukan penumpang saat arus mudik dan arus balik.

Pelaksana Harian Direktur Jendral Perhubungan Laut Capt Antoni Arif Priadi, mengatakan, untuk memastikan keamanan seluruh armada kapal laik laut, telah diinstruksikan kepada para Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala KSOP Khusus Batam, Kepala KSOP Kelas I-IV dan Kepala UPP Kelas I-III untuk melaksanakan uji kelaiklautan kapal terhadap seluruh kapal yang beropersi di wilayah kerjanya.

Baca Juga

“Keamanan dan keselamatan kapal adalah hal yang utama dalam moda transportasi, untuk itu hal tersebut harus selalu diperhatikan dan diprioritaskan,” kata Antoni dalam keterangan resminya, Rabu (29/3/2023).

Pihaknya turut meminta kepada para kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, terminal penumpang dan operator kapal agar membentuk posko pelayanan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2023 pada masing-masing wilayah kerja dengan melibatkan instansi dan stakeholder terkait di pelabuhan serta melaporkan perkembangannya setiap hari ke Posko Kantor Pusat Ditjen Hubla.

 

Terpopuler