Trik Bikin Telur Orak Arik Terlembut, Simpel untuk Menu Ekstra Saat Sahur dan Berbuka

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 28 Mar 2023 15:14 WIB

Telur orak arik (Ilustrasi). Untuk membuat telur orak arik yang lembut, gunakan api kecil saat memasaknya. Foto: Dok TikTok @maxiskitchen Telur orak arik (Ilustrasi). Untuk membuat telur orak arik yang lembut, gunakan api kecil saat memasaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Scrambled egg merupakan salah satu hidangan telur yang cukup banyak digemari, terutama oleh anak-anak. Telur orak-arik juga bisa menjadi hidangan sahur maupun berbuka seluruh keluarga.

Seorang ahli gizi asal Inggris, Emily English, mengungkap trik untuk memasak scrambled egg yang lembut dan lezat. Dalam sebuah unggahan video di akun TikToknya, @emthenutritionist, Emily mengeklaim bahwa ini adalah resep terbaik dalam membuat telur orak arik yang lembut.

Baca Juga

"Kunci untuk membuat scrambled egg semua ada pada metode masak ini," kata Emily, seperti dilansir Express, Selasa (28/3/2023).

Pertama-tama, Emily mulai dengan memecahkan tiga butir telur ke dalam mangkuk. Lalu, dia mengocok telur sampai bagian putih dan kuning telur tercampur sempurna.

Berikutnya, Emily membumbuinya dengan garam dan merica. Setelah itu, telur kocok didiamkan selama lima menit.

Emily kemudian menunjukkan dirinya memasukkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan dengan pelan-pelan. Menurut dia, ini adalah kunci untuk menghasilkan scrambled egg yang sempurna.

Emily juga menyarankan untuk menggunakan wajan antilengket agar telur orak ariknya sempurna. Lalu, masukan mentega, sekitar dua sendok makan ke dalam wajan.

Setelah itu, Emily menggunakan spatula untuk mendorong telur dengan pelan ke bagian tengah wajan. Dia menggunakan api kecil untuk mematangkan telur.

"Aduklah perlahan ketika telur mulai mengeras dan mulailah mendorongnya ke tengah untuk menciptakan tekstur yang lebih besar," jelas Emily.