Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan, Jangan Sampai Boncos!

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 28 Mar 2023 14:55 WIB

Mengatur keuangan. Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan, Jangan Sampai Boncos! Foto:

1

Ia melanjutkan, menu dan biaya untuk konsumsi selama Ramadhan juga sebaiknya dianggarkan dan didetailkan keperluannya selama sebulan. Menyiapkan menu sendiri akan lebih murah, higienis, dan terpenuhi dari unsur gizi.

Selanjutnya, untuk kebiasaan lain, seperti kirim bingkisan lebaran atau berbagi takjil bisa dipertimbangkan kemungkinan untuk sharing biaya dengan keluarga atau teman. Kemudian, untuk baju lebaran bisa memadupadankan dari koleksi baju-baju lama.

"Atau jika harus membeli pertimbangkan berdasarkan kenyamanan dan kemampuan finansial bukan karena merek terkenal," kata Samuji.

Samuji melanjutkan, mudik untuk merayakan hari raya dengan keluarga di kampung halaman sudah menjadi tradisi umat Muslim di Indonesia. Maka dari itu, perlu dipersiapkan anggarannya yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari. Ia mengingatkan jangan memutuskan untuk mudik atau libur secara mendadak agar biaya mudik tidak mengganggu pos anggaran lainnya.

"Hindari mudik dengan berutang kartu kredit karena akan membuat masalah baru pada bulan-bulan berikutnya karena harus melunasi utang beserta bunganya atau kebutuhan lain menjadi tertunda pemenuhannya. Dana mudik bisa diambil dari anggaran liburan atau sedikit mengurangi alokasi dana untuk investasi di satu bulan sebelumnya," ujar Samuji.

Terpopuler