Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan, Jangan Sampai Boncos!

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 28 Mar 2023 14:55 WIB

Mengatur keuangan. Cara Mengelola Keuangan Saat Ramadhan, Jangan Sampai Boncos! Foto:

1

Apalagi jika buka bersama diadakan di restoran mahal. Agar undangan buka bersama bisa seluruhnya dihadiri, perlu disiapkan dana khusus buka puasa bersama dari pos dana pengeluaran rutin selama beberapa bulan sebelum Ramadhan.

"Demi menjaga tali silaturahim, berbuka puasa bersama tentu akan menjadi salah satu agenda di bulan Ramadhan. Sebaiknya sejak awal tetapkan berapa kali Anda akan mengikuti acara buka bersama, misalnya seminggu sekali saja. Dananya dapat disiapkan satu hingga dua bulan sebelumnya, sehingga pengeluaran selama Ramadhan masih bisa terjaga dan menekan biaya tak terduga saat Ramadhan," ujar Samuji.

Samuji juga menyarankan untuk menyusun anggaran khusus Ramadhan lainnya secara detail. Ia menjelaskan, saat Ramadhan biasanya ada beberapa yang perlu dianggarkan seperti zakat fitrah, berbagi takjil, baju lebaran, bingkisan lebaran, biaya mudik, dan sebagainya.

Biasanya pengeluaran-pengeluaran ini akan membuat struktur anggaran menjadi berbeda dari bulan-bulan biasanya. Maka dari itu, kata dia, pisahkan kebutuhan Ramadan dari anggaran rutin, kemudian detailkan apa saja kebutuhannya.

"Mana yang wajib, adakah yang bisa ditunda, atau adakah kemungkinan sharing biaya bersama teman atau anggota keluarga lainnya," kata Samuji.

 

Terpopuler