Berbuka dengan Si Manis Kue Jojorong Topping Nangka, Santap Selagi Hangat

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari

Senin 27 Mar 2023 17:14 WIB

 Kue Jojorong Topping Nangka Foto: Instagram Gita Juni Kue Jojorong Topping Nangka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Apa menu favorit saat berbuka puasa? Tak ada salahnya mencoba menu tradisional yang praktis dan juga lezat untuk dinikmati.

Kue jojorong bisa menjadi salah satu menu andalan untuk takjil. Menu ini bisa dikukus bersama daun pisang, sehingga semakin kental kesan tradisionalnya.

Baca Juga

Menurut Gita Juniar, seorang penggiat kuliner asal Bogor, Jawa Barat, sangat jarang menemukan jajanan tersebut di lingkungan sekitarnya. Padahal, kue tersebut merupakan menu khas asal Jawa Barat.

Akhirnya Gita mencoba membuatnya sendiri dan mengkreasikannya dengan tambahan buah nangka sebagai topping di atasnya. Resepnya juga cukup mudah, layaknya kue dengan ciri khas kue Nusantara lainnya.

Menurut Gita, rasanya mirip dengan bubur sumsum, karena bahan dasarnya juga hampir sama. Tidak pakai topping juga tidak apa-apa. Saat itu, Gita memiliki stok buah nangka sehingga timbul ide untuk ditambahkan sebagai topping.

“Selain nangka, bisa pake pisang apa aja, nggak pake topping juga sudah enak,” kata Gita, kepada Republika.co.id.

Gita mengunggah aneka resep masakan melalui akun Instagram Gita Juniar (@gitajuni). Untuk membuatnya, siapkan terlebih dulu dua bahan adonan dan pelengkapnya.

 

Bahan Adonan A

200 gram tepung beras putih

450 ml santan encer

½ sendok teh garam

2-3 gula merah iris tipis

 

Bahan Adonan B

200 ml santan kental

1 sendok teh garam

1 ½ aendok makan tepung beras

 

Pelengkap

Daun pisang

Nangka

Daun pandan

 

Cara masak:

-Bentuk daun pisang seperti mangkok, sembari panaskan kukusan.

- Masukkan satu sendok makan gula merah ke dalam daung pisang, masukan satu centong adonan A tadi, isinya jangan penuh-penuh karena akan ditambah adonan B

- Kukus selama tujuh menit, jangan lupa kukusan dibalut dengan kain

- Tuangkan adonan B di atas kukusan A tadi, kukus kembali selama tujuh menit

- Jika sudah matang, keluarkan kukusan, tambahkan nangka sebagai topping, tidak lupa hiasan daun pandan. Kue jojorong siap dinikmati, enak dimakan selagi hangat.