Tofu Cabe Garam, Ide Sahur Sat Set Bikin Nafsu Makan

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari

Senin 27 Mar 2023 16:35 WIB

Tofu bisa menjadi bahan makanan yang lezat untuk diolah/ilustrasi. Foto: Antara/Zabur Karuru Tofu bisa menjadi bahan makanan yang lezat untuk diolah/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Punya stok tofu di kulkas? Bahan makanan berbasis kedelai itu bisa disulap menjadi menu sajian apa saja.

Tofu merupakan salah satu jenis tahu. Namun tofu pada umumnya punya perbedaan dengan tahu, kendati sama-sama terbuat dari kedelai. Biasanya, tofu juga bertekstur lebih padat dan kerap ditambahkan telur atau susu dalam pembuatannya.

Baca Juga

Ternyata ada resep simpel yang bisa dibuat dari tofu, dan tentunya cocok untuk dimasak saat sahur. Untuk menyiapkan menu sahur, sering kali orang memilih hidangan yang praktis dan cepat.

Blogger makanan, Diny Prastica, mencoba mengkreasikan tofu menjadi menu “tofu cabe garam”. Menu ini memberikan sensasi pedas, asin yang gurih dari bumbu-bumbu yang digunakan, juga wangi aroma daun bawang.

Diny juga berbagi tipa agar tofu tidak hancur ketika digoreng. “Tips agar tofu tidak hancur saat digoreng, sebelum di goreng dilumuri dengan tepung maizena, kemudian goreng dengan sedikit minyak dan menggunakan api sedang,” kata Diny kepada Republika.co.id.

Menurut Diny, menu ini tentu sangat simpel dan hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana. Diny membagikan resep masakannya melalui Instagram @dinyprastica.

“Aku share resep sahur sat set yang bikin nafsu makan, semoga resep simpel ini bermanfaat, selamat mencoba,” kata Diny.

Untuk menu tofu cabe garam ini, hanya dibutuhkan beberapa bahan, sebagai berikut.

-Tofu ukuran besar

- 1 batang daun bawang

- 4 siung bawang putih

- 3 cabai merah

- 3 cabai rawit

- Garam

- Lada bubuk

- Kaldu bubuk

 

Cara membuatnya:

-Goreng tofu sampai berwarna kecokelatan, kemudian sisihkan

- Tumis bawang putih sampai harum dan layu

- Masukkan cabai dan daun bawang

- Tambahkan garam, lada bubuk dan kaldu bubuk secukupnya

- Masukkan tofu yang sudah digoreng, kemudian aduk sampai rata.