Stockholm Gelar Buka Puasa Bersama Antaragama

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Senin 27 Mar 2023 10:00 WIB

Stockholm Gelar Buka Puasa Bersama Antaragama. Foto: Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Stockholm Gelar Buka Puasa Bersama Antaragama. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Bulan suci Ramadhan yang sangat dinantikan oleh Muslim di seluruh dunia telah tiba. Untuk merayakannya, perwakilan dari komunitas Muslim, Kristen dan Buddha di Stockholm berkumpul untuk buka puasa, Sabtu (25/3/2023).

Ketua Federasi Islam Swedia, Tahir Akan, mengatakan bulan suci Ramadhan menyatukan orang-orang dari berbagai agama dan budaya, dalam sebuah iklim cinta.

Baca Juga

"Kali ini, kita mendapat manfaat dari iklim cinta di bulan Ramadhan dengan teman-teman Kristen dan Buddha kita. Mulai saat ini kita akan terus berdialog dan berusaha bersatu dalam suasana yang indah ini,” ujar dia dikutip di Yeni Safak, Ahad (26/3/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Duta Besar Turki untuk Swedia Yonet Can Tezel. Ia menyampaikan terima kasih kepada Federasi Asosiasi Islam Swedia, yang telah menyelenggarakan makan malam tersebut.​​​​​​​​​​​​​​

Ramadhan merupakan bulan yang suci dan istimewa bagi umat Islam seluruh dunia. Di bulan ini, Muslim menjalankan ibadah puasa, yang merupakan salah satu bagian dari perayaannya.

Tidak hanya itu, Ramadhan juga dikenal sebagai bulan di mana umat Islam melakukan praktik yang sangat spiritual. Selain puasa,umat Islam banyak menghabiskan waktu untuk beribadah, berdoa, muhasabah, memperbanyak zikir, serta terhubung satu sama lain dalam sebuah komunitas peribadahan.

Waktu berpuasa di tiap-tiap negara pun berbeda, tergantung dari durasi matahari terbit dan terbenam di wilayah tersebut. Swedia menjadi salah satu negara dengan durasi puasa terlama, yaitu 17 jam, bersama Greenland, Skotlandia, Iceland dan Finlandia.

Sumber:

https://www.yenisafak.com/en/world/muslims-christians-buddhists-meet-for-iftar-in-stockholm-3662679