Ampunan Allah di Bulan Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Senin 27 Mar 2023 09:30 WIB

Ampunan Allah di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Taubat Foto: Republika/Mardiah Ampunan Allah di Bulan Ramadhan. Foto: Ilustrasi Taubat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberkahan terpenting dari bulan Ramadhan adalah rahmah dan magfirah Allah SWT.

Imam Masjid New York Imam Shamsi Ali mengatakan bahwa bulan ini adalah bulan di mana Allah membuka pintu-pintu yang maha luar biasa akan kasih sayang dan ampunanNya untuk hamba-hambaNya.

Baca Juga

Sesungguhnya sisi sifat Allah yang paling dominan adalah rahmah atau kasih sayangNya. Hanya saja, sejak lama Islam disalah pahami seolah Islam kurang kasih sayang.

Konsep ketuhanan kerap kali ditampilkan sebagai Tuhan yang kasar, bengis, tiada belas kasih. Kebodohan bahkan kebohongan ini sengaja dipromosikan untuk menumbuhkan rasa takut, bahkan kebencian kepada Islam.

Padahal jika dikaji semua aspek ajaran agama ini, mulai dari konsep teologisnya, amalan ritual, hingga ke muamalahnya mengajarkan kasih sayang itu.

Karakteristik Allah yang Maha “Rahman” dalam ajaran Islam, salah satunya terefleksi dalam bentuk pengumpunanNya. Bahwa Allah SWT yang Maha menguasai langit dan bumi itu membuka pintu-pintu pengampunan dan taubat bagi semua hambaNya yang ingin dan sungguh-sungguh untuk meraihnya.

Al-Quran menegaskan: “dan bergegaslah kalian kepada ampunan Tuhanmu dan syurga yang luasnya langit dan bumi, disiapkan bagi orang-orang yang bertakwah”. (Al-Imran).

"Kecintaan Allah yang tiada batas itu terwujud dalam sebuah ayat yang saya sebut dengan “deklarasi pengampunan”: “Katakan, Wahai hamba-hambaKu (ibaadiya) jangan kalian berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa-dosa. Sesungguhnya Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang," ujar dia dalam rilis yang diterima Republika, Senin (27/3/2023).

Ayat ini menekankan beberapa poin penting:

Pertama, bahwa kasih sayang Allah kepada hamba-hambaNya begitu sangat dalam, bahkan tiada batas. Allah memanggil mereka yang melakukan dosa dengan panggilan kasih: “wahai hamba-hambaKu”. Padahal mereka telah melampaui batas dan ketetapan Allah (asrafuu). Luar biasanya Allah masih memanggil mereka dengan panggilan yang termulia “ibaad”.

Kedua, mereka yang melakukan dosa disebut “asrafuu” atau melampaui batas dan berlebihan. Hal itu karena agama jika dijalankan sebagaimana mestinya akan sejalan dengan kebutuhan dan tabiat manusia. Di saat agama tidak dijalankan sebagaimana mestinya maka terjadi prilaku “melampaui batas” dari tabiat (nature) kemanusiaan.

Ketiga, pengampunan itu bukan sekadar karena usaha kita semata. Bukan pula karena sekedar ibadah yang kita lakukan. Tapi semuanya karena semata “rahmat Allah”. Dan yang terpenting bahwa Rahmat Allah tiada batas. Dan karenanya jangan pernah berputus Ada.

Keempat, semua dosa itu terbuka untuk diampuni, kecuali syirik yang terbawa mati. Dan karenanya ayat ini mendeklarasikan bahwa “sesungguhnya Allah mengampuni semua dosa”. Karena memang itulah Allag yang “Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dari semua ini dipahami bahwa ampunan Allah itu adalah bentuk rahmahNya yang terbesar. Hanya dengan ampunanNya seorang hamba akan masuk syurga. Dan hanya dengan rahmatNya seorang hamba akan diampuni.

photo
Infografis Syarat dan Batas Waktu Taubat - (Republika.co.id)