REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Menyambut bulan suci Ramadhan, platform hiburan TikTok, kembali meluncurkan kampanye Ramadhan bertajuk #SerunyaBareng. Dalam kampanye ini, TikTok akan menghadirkan berbagai program dan kegiatan seru untuk menemani masyarakat menjalani Ramadhan selama sebulan penuh.
Country Head of Operations, TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama mengungkapkan alasannya mengadakan kampanye Ramadhan bertajuk #SerunyaBareng.
“Sebenarnya kita melihat dari budaya masyarakat walaupun sekarang-sekarang itu sudah mulai bebas atau menuju normal, tetapi budaya online tetap melekat,” ujar Mahwari di acara virtual “Konferensi Pers Peluncuran Kampanye Ramadan #SerunyaBareng di TikTok”.
Lebih lanjut dia menjelaskan kreator konten dan komunitas menggunakan TikTok untuk berbagi inspirasi, saling menghibur, dan memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya, mencari inspirasi, berbelanja, mencari tutorial dan sebagainya.
Keberagaman dan kebersamaan ini yang akhirnya coba TikTok sorot untuk bisa membawa kampanye #SerunyaBareng. “Jadi di sini nanti akan ada SerunyaBareng Ngabuburit, SerunyaBareng Kulineran, SerunyaBareng Nonton Live Streaming bahkan sampai SerunyaBareng untuk bisa belanja bareng di TikTok. Jadi kebersamaan inilah yang benar-benar kita coba bawa di masa Ramadhan saat ini,” katanya.
Kampanye yang digelar mulai 20 Maret-23 April 2023 mengajak komunitas dan pengguna TikTok di seluruh Indonesia untuk merayakan #SerunyaBareng di bulan Ramadhan bareng Tiktok. Rangkaian program dan kegiatan tersebut antara lain:
Serunya ikuti cerita keluarga jalani bulan puasa bareng Serial Ramadan TikTok. Untuk pertama kalinya, TikTok akan menghadirkan konten eksklusif Ramadhan yang dibalut dalam format serial bertajuk “Ramadan Indah”. Serial ini diperankan oleh kreator TikTok, Herma Retno Prabayanti (@hermaprabayanti) sebagai Ibu, Nadiem Attar Tarigan (@nadiemm_aja) sebagai Ayah dan Almineta Azzahra (@almineta) sebagai Indah. “Ramadan Indah” ini akan menceritakan pengalaman Indah saat menjalani puasa tahun ini bersama keluarganya.
Serunya belanja dilengkapi kebutuhan Ramadan bareng TikTok Shop. Untuk membantu komunitas TikTok menemukan produk yang serba PAS dengan kebutuhan persiapan puasa dan Hari Raya, TikTok Shop gelar rangkaian program dengan beragam produk dan promo menarik. Bertajuk Ramadan PASti Berkah (20 Maret-5 April), THR PASti Melimpah (6-11 April), dan Lebaran PASti Meriah (12-14 April), komunitas TikTok akan dimanjakan oleh berbagai livestream interaktif dan katalog produk di tab Shopping Center berisi Flash Sale, diskon, hingga gim seru dengan hadiah utama berupa perjalanan Umrah.
Serunya silaturahmi dan saling menghibur bareng TikTok LIVE. Di bulan Ramadhan, pengguna TikTok dapat mengikuti berbagai program seru yang disiarkan di TikTok LIVE, salah satunya "Karnaval Ramadan". Program yang akan disiarkan langsung setiap minggu ini akan menghadirkan kolaborasi kreatif dari kreator LIVE.
Selain itu, ada juga program "Ngabuburit LIVE" yang akan berbagi tips dan inspirasi setiap hari menjelang waktu berbuka, serta pertunjukan musik spesial Ramadhan yang akan diisi dengan penampilan spesial dari kreator dan selebritas Indonesia dan berbagai gim seru .
Serunya ngabuburit bareng komunitas TikTok di Festival #SerunyaBareng. Menyambut Hari Kemenangan, TikTok akan mengajak komunitas TikTok untuk menemukan #SerunyaNgabuburitBareng secara luring melalui Festival #SerunyaBareng pada 15 April di MBloc Space, Jakarta. Festival ini akan diisi dengan berbagai kegiatan seru, seperti instalasi seni, workshop bareng kreator, peragaan busana, kegiatan kuliner, dan masih banyak lagi.
Serunya berbagi inspirasi Ramadan bareng komunitas TikTok. Seperti tahun kemarin, TikTok juga akan mengadakan kompetisi atau challenge mingguan yang mengangkat berbagai kategori mulai dari konten yang menghibur hingga inspiratif sehingga memudahkan pengguna untuk saling berbagi hiburan dan inspirasi dalam merayakan Ramadan dan Hari Raya.
Perayaan Ramadhan di TikTok tahun ini turut dimeriahkan dengan peluncuran video kampanye “Ramadan #SerunyaBareng TikTok”, diiringi jingle yang terinspirasi dari lagu “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” karya grup legendaris BIMBO. TikTok juga mengajak sejumlah kreator untuk terlibat dalam video kampanye, jingle, dan berbagai program lainnya antara lain Ayuenstar (@ayuenstarofc) sebagai penyanyi jingle dan kreator yang terlibat dalam video kampanye, serta Herma Retno Prabayanti (@hermaprabayanti) yang terlibat dalam Serial Ramadhan TikTok bertajuk Ramadan Indah.
Seluruh rangkaian program dan kegiatan kampanye #SerunyaBareng akan dilaksanakan di sepanjang bulan Ramadhan mulai 20 Maret hingga 23 April 2023 mendatang. Untuk ikut merayakan serunya Ramadhan bareng TikTok, pengguna dapat mengakses tagar #SerunyaBareng atau mengunjungi laman kampanye #SerunyaBareng di TikTok.