Umat Islam Diperkirakan Jalani Dua Kali Ramadhan Setahun pada 2030

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 22:20 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Umat Islam Diperkirakan Jalani Dua Kali Ramadhan Setahun pada 2030 Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Umat Islam Diperkirakan Jalani Dua Kali Ramadhan Setahun pada 2030

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umumnya, bulan Ramadhan datang setiap tahun sekali bagi umat Islam. Namun demikian, perhitungan kalender Hijriyah berbeda dengan perhitungan kalender Masehi.

Dapat dimungkinkan Ramadhan bisa datang dua kali dalam satu tahun Masehi. Perhitungan tanggal kalender Masehi berpatokan pada pergerakan matahari terhadap bumi. Sedangkan kalender Hijriyah berpatokan pada perhitungan tanggal yang didasarkan pada peredaran bulan terhadap bumi.

Baca Juga

Dilansir di The Peninsula Qatar, Jumat (24/3/2023), pada 2030, umat Islam di seluruh dunia diproyeksikan akan merayakan Ramadhan pada awal Januari. Selama tahun yang sama, umat Islam juga akan menjalani Ramadhan kedua yang diproyeksikan sekitar 26 Desember di tahun yang sama.

Fenomena di mana Ramadhan terjadi dua kali dalam satu tahun terjadi setiap 30 hingga 33 tahun. Terakhir kali puasa Ramadhan berlangsung dua kali setahun terjadi pada 1997. Menurut astronom Arab Saudi Khaled Alzaaq, puasa dua Ramadhan dalam satu tahun kalender hanya terjadi pada kalender Gregorian dan bukan kalender Islam Hijriyah.

Alzaaq mencatat, untuk tahun 1451 Hijriyah, Ramadhan diproyeksikan akan dimulai pada 5 Januari 2030. Sedangkan untuk tahun 1452 Hijriyah, Ramadhan diperkirakan akan dimulai pada 26 Desember 2030.