Dokter Beri Tips Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Selama Ramadhan

Red: Nora Azizah

Sabtu 25 Mar 2023 01:49 WIB

Masyarakat harus menjaga kesehatan gigi dan mulut selama Ramadhan, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Foto: ww.freepik.com Masyarakat harus menjaga kesehatan gigi dan mulut selama Ramadhan, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik.

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Dokter gigi Siska Mardiana mengajak masyarakat agar menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah sehingga kualitas ibadah puasa terjaga. "Bila gigi dan mulut sehat dipastikan ibadah puasa Ramadhan lancar," kata Dokter gigi Siska Mardiana yangbertugas di Puskesmas Rangkasbitung Kabupaten Lebak dalam keterangannya di Lebak, Jumat (24/3/2023).

Masyarakat harus menjaga kesehatan gigi dan mulut selama Ramadhan, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik. Sebab, jika gigi dan mulut bermasalah tentu dapat mengganggu kegiatan beribadah selama bulan suci Ramadhan dan aktivitas lainnya.

Baca Juga

Karena itu, masyarakat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan wajib menyikat gigi dua kali dalam seharian, yakni pertama menyikat gigi setelah makan sahur dan sebelum tidur malam. Selain itu juga hindari makanan pedas, minyak dan pemanis selama Ramadhan, karena bisa menimbulkan bau mulut.

Bau mulut itu menunjukkan indikasi adanya kerusakan pada bagian gigi dan lama-lama bisa menimbulkan masalah pada bagian gigi. Dengan demikian, masyarakat wajib menyikat gigi yang benar setelah makan sahur dan sebelum tidur untuk membersihkan sisa-sisa makanan sehingga mulut tidak bau.

Selain itu juga berkumur-kumur dengan memilih obat kumur yang non-alkohol agar tidak mengiritasi mukosa rongga mulut. Namun, setidaknya berkumur-kumur itu jangan sampai selama dua pekan karena dapat menimbulkan kerusakan pada bagian gigi.

Masyarakat juga dapat menggunakan sikat gigi yang halus dan tidak melukai gusi, seperti sikat gigi interdental mampu diterapkan hingga pada bagian sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh bulu sikat. Selain itu juga menggunakan pasta gigi berfluoride untuk mendukung proses remineralisasi pada gigi.

Masyarakat dapat menggunakan alat pembersih lidah agar lidah menjadi bersih sehingga mencegah bau mulut. Disamping itumelakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara rutin enam bulan sekali baik ke puskesmas, klinik maupun rumah sakit.

"Kami minta masyarakat fokus memperhatikan kesehatan gigi dan mulut agar tetap sehat dan terjaga dengan baik," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Triatno Supiyono mengatakan pemerintah daerah sepekan menjelang Ramadhan melakukan kegiatan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut dengan melibatkan dokter gigi. Tujuannya agarmasyarakat dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut danaktivitas ibadah puasa Ramadhan lancar.

"Kami minta masyarakat dapat memperhatikan kesehatan gigi dan mulut dan bisa dilakukan pemeriksaan rutin di 44 Puskesmas," kata Triatno.