Bacaan Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 24 Mar 2023 17:00 WIB

 Bacaan Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan. Foto:  Seorang wanita Muslim Kashmir berdoa di Masjid Jamia, masjid agung Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir India, 06 Agustus 2021. Pemerintah mengizinkan pembukaan kembali Masjid Jamia setelah penutupan mereka setelah gelombang kedua virus corona tetapi mendesak orang-orang untuk memakai masker dan menjaga norma jarak sosial. Ilustrasi Muslimah. Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN Bacaan Doa Buka Puasa di Bulan Ramadhan. Foto: Seorang wanita Muslim Kashmir berdoa di Masjid Jamia, masjid agung Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir India, 06 Agustus 2021. Pemerintah mengizinkan pembukaan kembali Masjid Jamia setelah penutupan mereka setelah gelombang kedua virus corona tetapi mendesak orang-orang untuk memakai masker dan menjaga norma jarak sosial. Ilustrasi Muslimah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Secara umum, berbuka puasa adalah ibadah yang disyariatkan dalam agama Islam. Berbuka puasa tentu jelas-jelas memiliki landasan syariah, antara lain berdasarkan hadits berikut ini:

لا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Baca Juga

Dari Sahl bin Saad bahwa Nabi SAW bersabda, "Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan berbuka." (HR. Bukhari dan Muslim)

Salah satu doa yang sering dilafazkan umat Islam di Indonesia ternyata diajarkan oleh Imam Hanafi. Mengutip buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 3: Tarawih dan Witir tulisan Saiyid Mahadir, sebagian ulama dari mahzhab Hanafi melafazkan niat puasa untuk esok harinya pada waktu berbuka puasa. Perhatikan doa berbuka puasa yang ditulis oleh Imam Fakhruddin Az-Zaila' dari madzhab Hanafi berikut ini.

Doa berbuka puasa Ramadhan

اللهم لك صمت وبك آمنت وعليك توكلت وعلى رزقك اقْطَرْت وَصَوْمَ الْغَدِ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ نَوَيْتَ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْت وَمَا أُخْرَت

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa alaika tawakkaltu wa 'ala rizqika afthartu wa shauma ghodi min syahri ramadhan nawaitu faghfirli mo goddamtu wama akhratu

Ya Allah untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepadamu aku bertawakkal, atas rezeki-Mu aku berbuka, puasa esok hari dari bulan Ramadhan aku niatkan, maka ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang.