Masjid Agung Indramayu Gelar Khatam Alquran Setiap Hari Selama Ramadhan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 24 Mar 2023 10:24 WIB

Masjid Agung Indramayu. Masjid Agung Indramayu Gelar Khatam Alquran Setiap Hari Selama Ramadhan Foto: Republika/Lilis Sri Handayani Masjid Agung Indramayu. Masjid Agung Indramayu Gelar Khatam Alquran Setiap Hari Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah, Masjid Agung Indramayu menggelar kegiatan khotmil Quran setiap hari. Kegiatan itu bertujuan membumikan Alquran di tengah masyarakat Indramayu.

 

Baca Juga

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Indramayu Aan Fathul Anwar mengatakan kegiatan khotmil Quran itu setiap hari dimulai pukul 17.00 WIB–18.00 WIB. Dalam kegiatan tersebut, pembacaan Alquran dari juz pertama sampai terakhir dibagi untuk 90 orang.

"Jadi sebanyak 30 juz itu dibagi 90 orang. Dalam waktu satu jam bisa khatam. Jadi setiap hari khotmil Quran," kata Aan, Kamis (23/3/2023).

Kegiatan Khotmil Quran itu akan diakhiri dengan doa Khotmil Quran. Setelah itu, sambil menunggu waktu berbuka puasa, juga akan disampaikan Hikmah Ramadhan.

 

Aan mengungkapkan melalui kegiatan itu, masyarakat diajak mencintai, memahami, dan mengamalkan Alquran. "Di bulan Ramadhan ini kita tanamkan ke mereka bahwa Alquran itu pedoman kita. Minimal cintai bacaannya dulu, terus pahami maknanya dan amalkan," kata Aan.

 

Aan mengungkapkan, Masjid Agung Indramayu juga setiap hari menyediakan sekitar 300 porsi makanan untuk berbuka puasa. Siapa pun bisa menikmatinya secara gratis.

 

Selain mengadakan khotmil Quran dan menyediakan takjil serta makan buka puasa bersama, Masjid Agung Indramayu juga telah menyiapkan sejumlah agenda kegiatan lainnya selama bulan suci Ramadhan.

Kegiatan tersebut adalah kajian Islam tarawih/kultum (bakda shalat Isya), tadarus Alquran (bakda shalat atrawih), kajian Islam subuh/Kulsub, dan itikaf pada sepuluh hari terakhir Ramadhan. Selain itu, Masjid Agung Indramayu juga menyelenggarakan zakat fitrah dan sholat Idul Fitri 1444 H.