Bulan Suci Ramadhan Menjadi Waktu Refleksi Bagi Komunitas Muslim

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Kamis 23 Mar 2023 13:58 WIB

Bulan Suci Ramadhan Menjadi Waktu Refleksi Bagi Komunitas Muslim. Foto:   Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi) Foto: Dok Republika Bulan Suci Ramadhan Menjadi Waktu Refleksi Bagi Komunitas Muslim. Foto: Amal ibadah Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,WINDSOR -- Seluruh Muslim di berbagai belahan dunia mulai menjalankan puasa di bulan Ramadhan, Kamis (23/3/2023). Bulan suci ini merupakan momen refleksi diri yang mendalam dan penuh penghormatan dalam setiap ibadahnya.

Shalat Tarawih, sebagai penanda dimulainya Ramadhan, dilakukan Rabu (22/3/2023) malam. Ini adalah waktu bagi jamaah untuk berkumpul, berpuasa dari matahari terbit hingga terbenam selama 30 hari ke depan, sambil memikirkan orang lain dan melakukan introspeksi.

Baca Juga

Dilansir di CTV News, Kamis (23/3/2023), Dewan Imam Windsor menegaskan hari pertama Ramadhan di wilayah itu terjadi hari ini, Kamis. Awal dan akhir Ramadhan didasarkan pada perhitungan astronomi ilmiah.

Adapun layanan dan fasilitas untuk ibadah selama bulan suci ini telah mulai dibuka pada Rabu malam, di semua enam masjid di kota Windsor.

Salah satu jamaah dan relawan di Masjid Windsor, Aamer Trambu, menyebut Ramadhan merupakan waktu yang penting bagi seluruh umat Islam untuk memperkaya imannya.

"Jadi, ini benar-benar peremajaan spiritual dan tentunya merupakan dorongan besar bagi diri kami dan iman kami," kata Trambu.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut setiap umat Islam sangat menantikan dan menyukai kehadiran Ramadhan. Setelah bulan ini berakhir, Muslim akan merasa segar untuk menjalani sebelas bulan lagi tanpa Ramadhan.

Diketahui selama Ramadhan umat Islam menahan diri dari makan, minum, merokok dan berhubungan seksual, dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Seteguk air atau kepulan asap rokok sudah cukup untuk membatalkan puasa. Di malam hari, keluarga dan teman akan berkumpul dan berpesta dalam suasana meriah.

Ibadah puasa bertujuan untuk mendekatkan umat beriman kepada Allah SWT dan mengingatkan mereka akan penderitaan orang miskin.

Umat ​​​​Muslim diharapkan secara ketat menjalankan sholat wajib harian dan terlibat dalam kontemplasi keagamaan yang tinggi. Muslim juga diimbau untuk menahan diri dari gosip, perkelahian atau mencaci maki selama bulan suci ini.

Puasa adalah salah satu dari lima rukun Islam dan diwajibkan bagi semua Muslim yang sehat. Namun ada pengecualian bagi yang sakit dan wanita yang sedang hamil atau menyusui. Anak kecil yang belum baligh juga tidak diwajibkan berpuasa.

Agama Islam mengikuti kalender lunar, sehingga Ramadhan dimulai sekitar satu setengah minggu lebih awal setiap tahun. Di penghujung Ramadhan, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri, yang mana anak-anak kecil kerap mendapat baju dan kado baru. 

Sumber:

https://windsor.ctvnews.ca/the-holy-period-of-ramadan-marks-a-time-of-reflection-for-our-muslim-community-1.6324949